Netral English Netral Mandarin
18:06wib
BMKG menyatakan gempa yang terus berlangsung di wilayah Ambarawa Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga merupakan jenis gempa swarm dan perlu diwaspadai. Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, mengeluhkan soal aplikasi PeduliLindungi serta harga tes PCR yang dinilai mahal.
Clift Sangra Ungkap Isi Lemari Almarhum Suzzanna yang 13 Tahun Tak Pernah Dibuka

Jumat, 18-Juni-2021 10:35

Suzzanna Martha Frederika van Osch atau Suzanna ratu film horor lawas.
Foto : FB Komunitas Pencinta Suzzanna
Suzzanna Martha Frederika van Osch atau Suzanna ratu film horor lawas.
60

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Masih ingatkah Anda dengan sosok Suzzanna Martha Frederika van Osch, atau populer dengan nama Suzzanna? 

Ya, bagi Anda penikmat film horor di tahun 1950-1990 tentu sudah tidak asing lagi dengan sosok Suzzanna yang misterius. 

Meninggal pada 15 Oktober 2008 lalu, ternyata ada fakta baru yang diungkapkan oleh Suaminya, Clift Sangra. Salah satunya soal keberadaan lemari Suzzanna yang sudah 13 tahun lamanya tidak dibuka. Clift mengaku, baru-baru ini dirinya membuka isi dari lemari kayu itu. 

Baca Juga :

Lemari kayu itu letaknya ada di dalam kamar mendiang Suzanna, di kediaman yang berlokasi di Magelang. Berwarna cokelat, lemari itu hanya terbuka di bagian pintu kanan saja, sedangkan pintu di bagian kirinya masih tertutup rapat. 

"Baru saya buka (lemarinya setelah 13 tahun)," ujar Clift dari tayangan Youtube, dikutip pada Jumat (18/6/2021).

Baca Juga :

Clift lantas menunjukkan isi lemari bagian kanan yang terbuka. Tampak ada tas kecil hitam yang kerap digunakan Suzzanna selagi kerap beraktivitas, dua buah minyak wangi, serta bedak. 

"Kalau lipstik dimasukkan ke dalam peti mati. Permintaan Bunda (sapaan Clift pada Suzzanna). Jadi lipstiknya saya taruh ditangannya," terang pria yang juga sempat menjadi aktor film. 

Baca Juga :

Sedangkan di sisi kiri, pintu pemari tampak masih tertutup rapat. Kata Clift, pintu bagian kiri tidak bisa dibuka dan diduga isinya hanyalah baju-baju saja. 

"Ini (pintu lemari sebelah kiri) yang ngga bisa dibuka. Kayanya baju-baju," terang Clift yang sudah berkeluarga lagi.

Lebih lanjut suami kedua Almarhum Suzzana itu menyebut, istrinya kerap menghabiskan waktu di kamar. Ada pula peninggalan seperti tempat tidur, serta kursi untuk duduk dan berdoa. 

Nampak juga lima potong pakaian kebaya yang terpajang di dinding tembok kamar "Ratu Horor" itu. Sedangkan pakaian Suzzanna lainnya sudah dibagikan pada saudara dan penggemar yang meminta. Ada pula pakaian yang disumbangkan ke gereja dan ke masjid. 

"Saya kalau urusin (baju) maaf, puluhan mungkin seratus, kuwalahan. Jadi cukup koleksi yang ini (lima baju kebaya)," ujar Clift yang sudah menikah lagi selepas meninggalnya Suzzanna. 

Bukan sembarang pakaian, disebur Clift baju yang terpampang di dinding merupakan pakaian yang sudah berusia sekitar 17-18 tahun. Baju itu sebelumnya pernah dikenakan Suzzanna untuk keperluan syuting. 

"Ini baju jahit sendiri. Sampai yang kasih ide pasang mute-mute itu Ibu Suzzanna," kata Clift. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP