Netral English Netral Mandarin
banner paskah
09:07wib
Singapura akan melarang masuk orang yang dalam 14 hari belakangan memiliki riwayat perjalanan ke India, negara yang kini sedang dilanda gelombang kedua pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 memutuskan untuk memperpanjang masa larangan mudik Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.
Inilah yang Harus Anda Lakukan Usai Jalani Vaksinasi Covid-19

Senin, 18-January-2021 23:00

Tetap jaga prokol kesehatan meski Anda sudah divaksin.
Foto : Antara
Tetap jaga prokol kesehatan meski Anda sudah divaksin.
5

PADANG, NETRALNEWS.COM - Protokol kesehatan harus tetap diterapkan untuk memutus penyebaran COVID-19 meskipun vaksinasi telah dilakukan, kata Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Arry Yuswandi.

"Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan tetap harus diterapkan karena vaksinasi belum membuat semua kita kebal terhadap virus itu," kata Arry, Senin, (18/1/2021).

Ia mengatakan setelah seseorang divaksin, belum ada jaminan ia akan segera kebal terhadap virus. Karena itu setelah vaksinasi tetap harus memperhatikan protokol kesehatan.

"Setelah divaksin bukan berarti kita bisa keluyuran ke mana-mana tanpa masker. Risiko terpapar masih ada," ujarnya.

Kepala Pusat Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Dr. dr. Andani Eka Putra membenarkan hal itu. Ia merujuk pada efikasi vaksin Sinovac 65,3 persen.

"Artinya masih ada kemungkinan mereka yang telah divaksin akan terpapar COVID-19," katanya.

Karena itu testing dan tracing masih akan dilakukan meski vaksinasi selesai dilakukan. Hal itu untuk meningkatkan upaya penanganan agar COVID-19 benar-benar bisa dikendalikan.

Sementara itu Juru Bicara Satgas COVID-19 Sumbar, Jasman mengatakan program vaksinasi COVID-19 sudah diluncurkan di Sumbar pada 14 Januari 2021. Satu hari setelah Presiden Joko Widodo disuntik vaksin.

Peluncuran tingkat provinsi itu dilanjutkan dengan peluncuran di tingkat kabupaten dan kota masing-masing Kabupaten Pesisir Selatan dan Kota Padang.

"Kita berharap masyarakat Sumbar mendukung program ini agar upaya pengendalian penyebaran COVID-19 benar-benar bisa terlaksana,”ungkap Andani dilasnir Antara.

 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani