Netral English Netral Mandarin
16:45wib
BMKG menyatakan gempa yang terus berlangsung di wilayah Ambarawa Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga merupakan jenis gempa swarm dan perlu diwaspadai. Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, mengeluhkan soal aplikasi PeduliLindungi serta harga tes PCR yang dinilai mahal.
Kimia Farma Resmi Turunkan Harga Tes PCR dan Swab Antigen

Rabu, 18-Agustus-2021 16:20

Ilustrasi tes Covid
Foto : Istimewa
Ilustrasi tes Covid
16

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - PT Kimia Farma Tbk (KAEF) resmi menurunkan harga tes polymerase chain reaction (PCR) dan swab antigen di seluruh klinik emiten farmasi ini. Penurunan harga menyesuaikan dengan keputusan Kementerian Kesehatan.

Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk, Verdi Budidarmo, menyatakan, pihaknya menyambut baik keputusan Kementerian Kesehatan yang menurunkan tarif layanan pemeriksaan PCR.

“Kimia Farma langsung melaksanakan arahan Pemerintah tentang penurunan tarif tes PCR sebagai bentuk komitmen kami memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (18/8/2021).

Dengan begitu, maka masyarakat akan semakin mudah untuk mengakses tes Covid-19 yang berujung pada perbaikan iklim Kesehatan Indonesia secara menyeluruh.

Sementara itu Plt. Direktur Utama PT Kimia Farma Diagnostika (KFD) Agus Chandra akan menjalankan perintah untuk menurunkan harga tes PCR dengan sebaik-baiknya.

“Selain menurunkan harga tes PCR Rp 495.000, kami juga menurunkan tarif/harga swab/rapid test antigen,” ujarnya.

Agus menambahkan, profesionalisme akan berlaku di seluruh klinik Kimia Farma yang menyelenggarakan tes PCR dan swab antigen. Kimia Farma siap membantu pemerintah dalam melakukan pemeriksaan atau testing Covid-19.

Terkait keputusan Kementerian Kesehatan tentang penurunan tarif/harga tes PCR ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Dirjen Pelayanan Kesehatan No. HK.02.02/I/2824/2021 tentang Batas Tarif Tertinggi Pemeriksaan Reserve Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang berlaku mulai Selasa, 17 Agustus 2021.

Dengan demikian, harga tes PCR dari sebelumnya Rp 900.000 turun menjadi Rp 495.000 untuk sekali tes. Kemudian harga swab antigen untuk jenis alat regular dari Rp 190.000 turun menjadi Rp 85.000 dan swab antigen untuk merk Abbot Panbio dari Rp 190.000 turun menjadi Rp 125.000.

Sebagai bagian dari Holding Farmasi BUMN, Kimia Farma berkomitmen untuk menjalankan tugas pemeriksaan Covid-19 guna memberi pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Reporter : PD Djuarno
Editor : Irawan HP