Netral English Netral Mandarin
01:09wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 optimistis target capaian program vaksinasi virus corona di Indonesia akan rampung sesuai target awal pemerintah yakni pada Desember 2021. Kasus COVID-19 meningkat drastis selama seminggu terakhir. Rumah sakit hingga Wisma Atlet melaporkan bed occupancy rate yang terus meningkat.
Ternyata Beda Negara, Beda Makna Mengenai Arti Mata Berkedut, Penasaran?

Rabu, 20-January-2021 07:00

Mata kedutan memiliki banyak makna.
Foto : Halodoc
Mata kedutan memiliki banyak makna.
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Mata Anda sering berkedutan? Jangan dibiarkan kelamaan. Jika tejradinya sering, sebaiknya diperiksa ke dokter.

Mata kedutan adalah kondisi yang wajar terjadi. Di dunia medis, mata kedutan disebut myokymia. Kondisi ini terjadi ketika otot-otot pada mata mengalami kejang berulang kali. Kebanyakan mata kedutan hanya berlangsung beberapa menit, tapi kadang-kadang bisa berlangsung selama berhari-hari atau lebih. 

Namun, jika hanya sekejap dan tak berlangsung lama, maka tak perlu dikhawatirkan. Bahkan, di beberapa negara justru memiliki mitos sendiri terkait mata kedutan. Penasaran?

Dilansir dari berbagai sumber termasuk halodoc, di tiap negara mempercayai mitos yang berbeda tentang mata kedutan, khususnya yang terjadi di sebelah kiri mata. Ada yang bilang, mata kedutan sebelah kiri merupakan pertanda baik. Ada juga yang percaya bahwa hal itu merupakan pertanda buruk. Biar kamu enggak bingung, yuk cari tahu fakta di balik mitos-mitos tentang mata kedutan sebelah kiri tersebut.

Baca Juga :

Beberapa Mitos Tentang Mata Kedutan Sebelah KiriMasih banyak orang yang mengaitkan mata kedutan sebelah kiri dengan kepercayaan-kepercayaan tertentu. Berikut mitos tentang mata kedutan sebelah kiri di berbagai negara:

IndonesiaDi Indonesia, mata kedutan sebelah kiri sering dianggap sebagai pertanda baik. Apabila kamu mengalami kedutan di sudut mata sebelah kiri, itu artinya kamu akan bertemu dengan sanak saudara jauh yang telah lama berpisah.

ChinaBegitu juga dengan kepercayaan yang beredar di China. Mata kedutan sebelah kiri dipercaya menandakan datangnya keberuntungan atau bahkan hujan emas yang besar. Namun, ada juga sebagian orang Tionghoa yang percaya bahwa mata kedutan di sebelah kiri menandakan bahwa kamu akan segera menangis.

IndiaMitos mata kedutan sebelah kiri di India adalah kebalikan dari mitos yang beredar di China. Di India, mata kedutan sebelah kiri dianggap tidak menguntungkan. Namun, hal ini juga tergantung jenis kelamin. Bila wanita yang mengalaminya, maka hal itu pertanda baik. Namun sebaliknya, mata kedutan sebelah kiri menjadi pertanda buruk bila pria yang mengalaminya.

AfrikaDi bagian tertentu Afrika, kedutan di kelopak mata bawah menandakan bahwa kamu akan segera menetes kan air mata. Sedangkan bila kelopak mata bagian atas yang bergerak-gerak, itu artinya kamu akan bertemu seseorang yang tidak terduga. Orang Nigeria menganggap mata kedutan di sebelah kiri sebagai pertanda kesialan.

HawaiiDi Hawaii, mata kedutan di sebelah kiri menandakan kedatangan orang asing. Ada juga versi lain dari mitos tersebut, yaitu bila kedutan di mata kiri berlangsung terus-menerus, hal itu bisa menjadi pertanda kematian dalam keluarga.Penjelasan Ilmiah Tentang Mata Kedutan Sebelah Kiri

Di balik mitos-mitos yang beredar di atas, ada penjelasan ilmiah mengenai mata kedutan sebelah kiri. Meskipun sensasi kedutan yang kadang muncul di dalam atau di sekitar kelopak mata dapat menyebabkan iritasi, kebanyakan mata kedutan bukan merupakan kondisi yang serius.Namun, bila kamu mengalami sering mengalami mata kedutan dan kondisi tersebut berlangsung lama, sebaiknya segera periksakan diri ke rumah sakit untuk mencari tahu penyebab yang mendasarinya.

Mata kedutan sebelah kiri biasanya tidak berbahaya, karena seringkali dipicu oleh berbagai kegiatan sehari-hari, seperti kelelahan, kurang tidur, merokok, mengonsumsi kafein atau alkohol. Selain itu, ketegangan mata akibat menonton televisi, bermain gadget, atau bekerja di depan layar komputer terlalu lama juga dapat memicu mata kedutan sebelah kiri. Jika mata kedutan sebelah kiri disebabkan oleh hal-hal tersebut, kamu bisa mengatasinya dengan beristirahat dan mengurangi asupan kafein atau alkohol.

Namun, pada kasus yang jarang terjadi, mata kedutan sebelah kiri juga bisa dikaitkan dengan gangguan neurologis, seperti epilepsi, penyakit Parkinson, atau sindrom Tourette. Untuk mengobati mata kedutan yang parah, kamu perlu mengunjungi dokter yang dapat meresepkan obat oral atau obat tetes mata tertentu. Pada kasus yang ekstrem, miektomi atau pembedahan harus dilakukan untuk mengobati mata kedutan yang berlebihan.

 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani