Netral English Netral Mandarin
banner paskah
04:56wib
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi peringatan kepada sembilan provinsi untuk bersiap siaga dari potensi hujan petir disertai angin kencang yang akan terjadi hari ini. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menambah jalur yang bakal disekat oleh kepolisian selama masa larangan mudik Lebaran pada 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.
Lampaui Ekspektasi Analis, PDB China Kuartal IV/2020 Tumbuh 6,5 Persen 

Senin, 18-January-2021 11:00

Ibu kota Republik Rakyat China, Beijing.
Foto : olympic org
Ibu kota Republik Rakyat China, Beijing.
41

BEIJING, NETRALNEWS.COM - Pemulihan ekonomi China pada kuartal keempat tahun lalu mengalahkan ekspektasi para analis, tumbuh 6,5 persen secara tahun ke tahun (yoy), data dari Biro Statistik Nasional menunjukkan pada Senin (18/1/2021).

Pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) lebih cepat dari perkiraan 6,1 persen oleh para ekonom dalam jajak pendapat Reuters dan mengikuti pertumbuhan 4,9 persen pada kuartal ketiga.

PDB tumbuh 2,3 persen pada 2020, data menunjukkan, menjadikan China satu-satunya ekonomi utama di dunia yang menghindari kontraksi tahun lalu, ketika banyak negara berjuang untuk menahan pandemi COVID-19.

Ekonomi terbesar kedua di dunia itu kembali pulih dengan kuat tahun lalu dari kelumpuhan yang dipicu oleh virus corona, dipicu oleh sektor ekspor yang sangat tangguh, tetapi konsumsi --pendorong utama pertumbuhan-- telah tertinggal dari ekspektasi di tengah kekhawatiran kebangkitan kembali kasus COVID-19.

Sejumlah data ekonomi yang cerah telah mengurangi kebutuhan untuk lebih banyak pelonggaran moneter tahun ini, membuat bank sentral mengurangi beberapa dukungan kebijakan, sumber mengatakan kepada Reuters, tetapi tidak akan ada perubahan arah kebijakan yang mendadak, menurut pembuat kebijakan terkemuka.

Pada basis kuartal ke kuartal, PDB naik 2,6 persen pada Oktober-Desember, kata biro, dibandingkan dengan ekspektasi untuk kenaikan 3,2 persen dan revisi kenaikan 3,0 pada kuartal sebelumnya. Demikian seperti dilansir Antara. 

Reporter : Irawan HP
Editor : Irawan HP