Netral English Netral Mandarin
17:23wib
BMKG menyatakan gempa yang terus berlangsung di wilayah Ambarawa Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga merupakan jenis gempa swarm dan perlu diwaspadai. Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, mengeluhkan soal aplikasi PeduliLindungi serta harga tes PCR yang dinilai mahal.
Pemerintah Canangkan Vaksinasi Covid-19 untuk Penyandang Disabilitas

Sabtu, 10-Juli-2021 12:29

Pemerintah Canangkan Vaksinasi Covid-19 untuk Penyandang Disabilitas.
Foto : Hippindo
Pemerintah Canangkan Vaksinasi Covid-19 untuk Penyandang Disabilitas.
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemerintah mencanangkan dimulainya layanan vaksinasi Covid-19 khusus kalangan disabilitas usia 12-17 tahun,  di Sentra Vaksinasi Hippindo-Kemenkop UKM, Gedung Smesco Jakarta.

Ini merupakan bagian dari upaya percepatan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk mencapai herd immunity yang diharapkan.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengingatkan perlunya kerja sama antar pihak untuk mengatasi pandemi Covid-19. Mempercepat vaksinasi adalah salah satu caranya. Sementara Menkop UKM Teten Masduki menyampaikan perlunya sense of crisis dalam menyikapi perkembangan yang terjadi.

“Tapi kita tetap harus optimis dan selalu inovatif dan adaptatif dengan perkembangan zaman,” ujar Menkes, dalam siaran persnya, Sabtu, (10/7/2021).

Dalam kesempatan lain, Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengajak berbagai sektor untuk bekerja sama mempercepat vaksinasi. “Hingga saat ini DKI Jakarta sudah berhasil memberikan lebih dari 7 juta dosis vaksin pertama dan kedua. Targetnya, di akhir Agustus akan mencapai 7,5 juta vaksin,” paparnya.

Kegiatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini merupakan upaya percepatan vaksinasi bagi penyandang disabilitas di daerah Jakarta dan Jawa Barat dengan jumlah sasaran vaksinasi 109.520 orang. Setelah Jakarta dan Jawa Barat akan dilanjutkan di seluruh Jawa-Bali dengan vaksin Sinopharm sebanyak 225.000 orang.

Vaksinasi Covid-19 untuk kaum disabilitas yang didukung pula oleh Good Doctor, Grab, dan Blue Bird ini juga diberikan untuk satu orang pendamping.

Pendaftaran bisa melalui https://bit.ly/FormBelumDivaksinasi dengan syarat membawa salinan Kartu Keluarga dengan NIK anak atau e-KTP bagi anak usia di atas 17 tahun. Untuk peserta usia di atas 17 tahun yang berasal dari non-DKI Jakarta tidak perlu menunjukkan Surat Domisili.  

Sejak dibuka pada 7 Juni 2021, Sentra Vaksinasi Hippindo Kemenkop UKM yang didukung oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta sudah memberikan vaksinasi Covid-19 kepada lebih dari 60 ribu warga Jabodetabek, baik dari anggota Hippindo dan ekosistem didalamnya, pelaku UKM, dan masyarakat umum. Targetnya, vaksinasi tahap pertama yang akan berakhir 14 Agustus ini akan diberikan kepada 150 ribu akseptor dengan kuota 5.000 akseptor per hari.

Ketua Hippindo, Budihardjo Iduansjah mengatakan, Sentra Vaksinasi ini dibuka dengan tujuan mempercepat pemulihan ekonomi. “Hal itu terbaca dalam tagline kita, ‘Yuk Vaksin, Yuk Belanja, Semua Sehat’. Setelah semua divaksin diharapkan daya beli masyarakat meningkat, dan ekonomi kita pun sehat,” katanya.

Sentra Vaksinasi Hippindo-Kemenkop UKM juga membuka layanan vaksinasi Covid-19 untuk usia 12-17 tahun dari Jabodetabek mulai 12 Juli 2019. Pendaftaran bisa melalui aplikasi JAKI, Grab, atau Good Doctor. 

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati