Netral English Netral Mandarin
banner paskah
02:55wib
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi peringatan kepada sembilan provinsi untuk bersiap siaga dari potensi hujan petir disertai angin kencang yang akan terjadi hari ini. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menambah jalur yang bakal disekat oleh kepolisian selama masa larangan mudik Lebaran pada 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.
Jadi Sekda Sekaligus Plt Wali Kota Jaksel, MJN Nilai Marullah Ingin Dapatkan Orang Terbaik

Rabu, 20-January-2021 18:45

Marullah Matali saat masih menjabat Wali Kota Jakarta Selatan.
Foto : jakarta.go.id
Marullah Matali saat masih menjabat Wali Kota Jakarta Selatan.
5

JAKARTA, METRALNEWS.COM - Pemprov DKI Jakarta tidak ingin gegabah menunjuk sosok Wali Kota Administrasi pengganti Marullah Matali. Adapun Marullah telah dilantik sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Senin (18/1/20210) lalu.

Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono (MJN) menilai, Marullah ingin mendapatkan orang terbaik sebagai penerusnya di Jakarta Selatan. Karena itu, dia tetap diamanatkan menjadi pemimpin di Jakarta Selatan meski berstatus sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Walkot Administrasi Jaksel.

Kata dia, Pemprov DKI Jakarta bakal menjaring dulu para pegawai negeri sipil (PNS) yang dianggap layak untuk mendapat jabatan Walkot Administrasi Jaksel.

Penunjukannya sebagai Plt, juga dianggap Mujiyono kemungkinan atas usul Marullah kepada Gubernur agar DKI mendapat sosok penggantinya yang baik demi meneruskan program kerjanya sebagai pimpinan wilayah.

Nggak masalah (rangkap jabatan) justru kelihatannya pak Marullah ingin mendapatkan orang terbaik sebagai penerusnya di Jaksel. Itu nggak cukup waktu kalau dilakukan secara buru-buru,” kata Mujiyono yang membidangi Hukum dan Pemerintahan ini pada Rabu (20/1/2021).

Mujiyono yakin, Marullah dapat mengemban dua amanah sekaligus itu dengan baik. Soalnya, dia dapat mendelegasikan beberapa tugasnya kepada Wakil Wali Kota Administrasi Jaksel Isnawa Adji.

Kan ada Wakil Wali Kota jadi delegasi kewenangan bisa ke situ. Feeling (perasaan) saya begitu, (di-Plt kan) agar dapat yang terbaik dan itu bagus, kecuali itu (jabatan Plt) sampai berbulan-bulan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Mujiyono meminta kepada Pemprov DKI Jakarta agar mengajukan calon Walkot Administrasi Jaksel dengan berbagai kriteria. Selain memiliki intelektual yang bagus dan mumpuni dalam menguasai wilayah, calon Walkot juga harus sosok yang komunikatif.

“Kalau saya yang penting komunikatif, orang kalau pintar tapi kalau diajak ngomongnya susah kan percuma juga. Jadi yang penting komunikatif dengan semua pihak, karena komunikasi itu pembuka seluruh potensi yang ada untuk berdiskusi,” jelas Mujiyono.

Bila mengacu pada UU Nomor 29 tahun 2007 tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta sebagai Ibukota Negara kesatuan Republik Indonesia, sosok Wali Kota/Bupati diangkat Gubernur atas pertimbangan DPRD DKI Jakarta dari PNS yang memenuhi persyaratan. Hal itu tercantum dalam Pasal 19 ayat 2 di UU Nomor 29 tahun 2007.

Seperti diketahui, meski telah dillantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta pada Senin (18/1/2021) petang, Marullah Matali tetap mengemban amanah pada jabatan lama untuk sementara waktu. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta Marullah menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Keputusan itu tercantum dalam Surat Perintah Tugas bernomor 20/-082.74 yang diteken Anies pada Selasa (19/1/2021) lalu. Anies meminta Marullah menjadi Plt Walkot Administrasi Jaksel sampai ada penetapan pejabat definitif atau paling lama sampai April 2021 mendatang.

“Memerintahkan Marullah Matali, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta untuk melaksanakan tugas sebagai Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan disamping jabatannya sebagai Sekda, terhitung mulai 18 Januari sampai dengan pejabat definitif ditetapkan dan/atau paling lama tanggal 18 April 2021,” kata Anies melalui surat yang diterima pada Rabu (20/1/2021).

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Irawan HP