Netral English Netral Mandarin
banner paskah
05:08wib
Seorang anggota TNI AD berinisial DB luka-luka dan anggota kepolisian berinisial YSB tewas setelah diduga menjadi korban pengeroyokan oleh orang tak dikenal. Sebuah survei yang diinisiasi Lembaga Survei Indonesia (LSI) menemukan mayoritas pegawai negeri sipil (PNS) menilai tingkat korupsi di Indonesia meningkat.
Soal Calon Kapolri, Begini Penilaian Tito Karnavian terhadap Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo

Senin, 18-January-2021 17:45

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian
Foto : Istimewa
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut sosok Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai calon Kapolri tunggal pengganti Jenderal Pol Idham Azis merupakan sosok yang cerdas dan tegas.

Mendagri Tito Karnavian di Jakarta, Senin (18/1/2021) mengatakan sosok calon Kapolri itu selain cerdas, orangnya juga sudah sangat paham dan matang. Komjen Sigit pernah menjadi Kapolda, dan Kabareskrim, jabatan yang sangat penting di Polri.

"Beliau mempunyai pengalaman yang saya belum punya, yaitu sebagai ajudan presiden. Otomatis beliau paham tentang ini, political landscape, tentang politik yang jauh lebih baik daripada saya, dan beliau juga memiliki pribadi yang baik," tutur-nya.

Sebagai mantan orang nomor satu di tubuh Polri, Mendagri Tito mengenal Listyo Sigit sebagai sosok yang berkinerja baik selama diberi amanah untuk ditempatkan diberbagai jabatan.

“Selama saya menjadi Kapolri, ada dua jabatan strategis yang beliau sudah laksanakan, yang pertama adalah Kapolda Banten, yang kedua di Kadivpropam," ucap Mendagri. 

Pada saat Kapolda Banten, lanjut Tito Komjen Sigit menjabat cukup lama, sekitar 2 tahun. Selama dipimpin Komjen Sigit situasi Banten dinilai Tito tenang, dingin dan kinerja-nya sangat baik.

"Saya kira kita semua bisa menyaksikan, di media juga kan banyak (pemberitaannya). Kemudian yang kedua, saat (menjabat sebagai) Kadivpropam, juga beliau sangat membantu saya dan sangat mendukung terutama mendisiplinkan anggota, mengawasi kinerja anggota, dan itu juga dilakukan dengan sangat baik," ujarnya.

Tak hanya itu, Listyo Sigit juga dikenal sebagai sosok muda yang matang, kaya akan pengalaman, memiliki kepribadian yang baik dan dinilainya siap menjadi Kapolri, ditambah dengan gaya komunikasi dan ketegasan yang melengkapi kepribadian-nya.

"Ditambah dengan pengalaman beliau sebagai Kabareskrim dalam waktu yang juga lumayan panjang, 1 tahun lebih, yang semua kita menyaksikan bagaimana kinerja beliau, sehingga saya merasa bahwa meskipun berusia muda tapi matang," kata dia.

Komjen Sigit lanjutnya cukup matang pengalaman dikewilayahan, teritorial, pengalaman di staf yang cukup lama dan juga pengalaman di bidang reserse.

"Kabareskrim jabatan yang sangat strategis di Polri. Saya kira dengan segala pengalaman itu ditambah dengan pribadi beliau, saya sangat paham," kata Tito.

Pribadi calon Kapolri itu kata dia santun, pribadi yang merangkul, termasuk kemampuan dalam merangkul semua pihak, senior maupun junior.

"Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, tapi juga saya tau Pak Sigit sangat tegas, sikap beliau sangat tegas sekali,” ujar Tito.

Dengan segudang pengalaman dan kekayaan karakter kepribadian-nya, mantan Kapolri Tito Karnavian menyebut sosok Listyo Sigit sudah sangat siap mengemban amanah sebagai Kapolri. Ia juga mendoakan agar kelak, Listyo Sigit mampu mengemban amanah dengan baik.

"Sehingga sekali lagi saya berpandangan, Pak Sigit sangatlah tanggap dan sudah sangat siap untuk menjadi Kapolri, saya doakan semoga prosesnya lancar, dan semoga bisa mengemban amanah dengan baik," ujarnya.

Reporter : Nazaruli
Editor : Nazaruli