Netral English Netral Mandarin
14:29wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Tips Liburan Saat Puasa

Selasa, 13-April-2021 15:00

Masjid Agung Demak, Jawa Tengah
Foto : Instagram @dolandemak
Masjid Agung Demak, Jawa Tengah
18

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Apakah kita tetap bisa menikmati liburan di saat bulan puasa Ramadan? Tentu saja bisa, karena puasa bukan menjadi penghalang untuk tetap membuat agenda wisata.

Jangan sampai kalah dengan rasa lemas atau takut kekurangan energi saat jalan-jalan. Berikut ini beberapa tips agar Anda tetap bisa menikmati liburan selama menjalankan ibadah puasa Ramadan.

1. Pilih destinasi wisata yang ideal

Untuk dapat berlibur selama puasa, pastikan destinasi yang Anda pilih sesuai dengan kondisi rentan waktu tertentu. Misalnya, Anda mempertimbangkan untuk pergi ke lokasi wisata religi, seperti Aceh atau Nusa Tenggara Barat, yang terkenal dengan pariwisata halal.

Faktor lain yang harus dipertimbangkan adalah cuaca. Hal ini untuk menghindari daerah panas, karena dapat menambah beban selama puasa. Untuk itu, Anda biasa jalan-jalan ke area dataran tinggi, seperti Lembang, Bandung, Jawa Barat, atau Batu, Malang, Jawa Timur. Pergi ke negara dengan empat musim juga ide yang bagus, karena bertepatan dengan Ramadan ini, masih merupakan waktu musim semi yang relatif sejuk.

2. Perhatikan waktu berbuka puasa

Jika Anda akan pergi ke destinasi yang baru dikunjungi, sebaiknya Anda mencari tahu kapan waktunya untuk berbuka puasa. Pasalnya, tidak semua daerah memiliki waktu buka puasa yang sama.

Anda bisa mencarinya melalui berselancar di dunia maya atau internet, atau bisa juga menanyakan kepada warga setempat bila Anda sudah sampai di lokasi. Dengan demikian, Anda bisa lebih benar-benar nyaman dan merencanakan perjalanan dengan baik tanpa mengganggu ibadah puasa.

3. Melakukan aktivitas yang berfaedah 

Mengunjungi lokasi wisata religi adalah konsep paling sesuai dengan tema selama Ramadan. Pastikan Anda untuk melakukan kegiatan positif dan bernilai ibadah saat berwisata. Sehingga, Anda tidak hanya sekadar refreshing atau melepas penat saja, tapi selama liburan Anda juga mendapatkan dampak yang baik.

Sebagai pilihan, Anda bisa melakukan wisata perjalanan spiritual selama berlibur. Seperti safari tarawih di masjid-masjid yang memiliki nilai sejarah atau memiliki seni arsitektur yang unik, tentunya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dalam hidup Anda.

4. Pastikan ada tempat ibadah di lokasi wisata

Di saat Anda berlibur, tentunya ibadah juga harus tetap berjalan untuk menunaikan perintah agama. Jadi, sebaiknya Anda memastikan lokasi yang Anda kunjungi memiliki fasilitas yang memadai untuk beribadah.

Pilihlah lokasi wisata yang memiliki musala atau masjid. Jika tidak ada, pastikan lokasinya dekat dengan masjid. Dengan demikian Anda tidak kesulitan untuk melakukan ibadah bila waktunya tiba.

Namun, bila memang tidak ada atau tidak dekat masjid, setidaknya lokasi wisata yang Andan kunjungi memiliki ruangan yang bersih untuk ibadah dan mudah mendapatkan air bersih untuk berwudhu.

5. Dengarkan ayat-ayat Alquran selama perjalanan

Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu, karena merupakan bulan yang melipatgandakan nilai ibadah dalam Islam. Untuk itu, mendengarkan lantunan ayat Alquran akan diganjar pahala yang sangat besar.

Selain mendapat pahala yang besar, Anda juga akan merasakan kedamaian.

6. Konsumsi makanan yang berimbang 

Salah satu hal paling penting saat Anda berlibur di bulan suci Ramadan adalah memperhatikan asupan makanan. Sebab, Anda membutuhkan asupan yang bergizi agar bisa beraktivitas secara prima.

Untuk melakukan perjalanan, setidaknya Anda memerlukan energi yang cukup banyak. Jadi, pastikan untuk mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan kalori dan gizi ketika makan sahur, berbuka, dan makan malam. Asupan tersebut akan menjaga Anda tetap bugar selama perjalanan, meskipun sedang melakukan ibadah puasa.

7. Kurangi beban bawaan

Merencanakan liburan saat Ramadan, Anda sebaiknya mempertimbangkan barang-barang yang akan dibawa. Bawalah seperlunya saja, sehingga tenaga Anda tidak akan terkuras  karena beban bawaan.

Sejumlah barang pribadi yang harus Anda bawa seperti pakaian, obat-obatan, alat mandi. Selain itu, tentunya perlengkapan untuk ibadah, seperti sajadah, mukena untuk perempuan atau peci untuk laki-laki.

 

Reporter : Aldiyansah Saputra
Editor : YC Kurniantoro