Netral English Netral Mandarin
13:57wib
Hampir seluruh negara di dunia meningkatkan pembatasan Covid-19 ketika kasus varian Delta melonjak, yang tidak sedikit orang menentangnya. Presiden Joko Widodo mengajak seluruh elemen bangsa bahu-membahu berupaya melawan pandemi Covid-19.
Tolak KKB Disebut Teroris, Natalius Pigai: Saya Justru Patriotik Dan Nasionalis, Demi Negara

Senin, 26-April-2021 21:15

Eks komisioner Komnas Ham
Foto : Istimewa
Eks komisioner Komnas Ham
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mantan komisioner Komnas HAM Natalius Pigai menolak ada sebutan teroris pada Kelompok Kriminalisasi Bersenjata (KKB) Operasi Papua Merdeka (OPM). Sebab, sebutan teroris sama saja menjadikan Papua sebagai lahan konflik seperti Suriah.

Malahan, kata Natalius sikap penolakan itu sebagai jiwa patriotik dan nasionalis yang diwujudkan dalam dirinya.

"Saya justru patriotik dan Nasionalis karena Demi negara saya menolak OPM Dicap Teroris. Karena dengan cap teroris sudah pasti Papua dijadikan area pembantaian seperti Suriah. Bukan tidak mungkin dunia isolasi Papua untuk humanitarian intervention," tulisnya seperti dilansir Jakarta, Senin (26/4/2021).

Sebelumnya, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengingatkan agar Badan Intelijen Negara (BIN) berhati-hati melabeli Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua sebagai Kelompok Separatis dan Teroris (KST).

"Terkait dengan sebutan terorisme, saya kira kita perlu berhati-hati supaya tidak menimbulkan masalah baru, baik di dalam negeri maupun internasional," kata Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara seperti dikutip CNNIndonesia.com. 

Reporter : PD Djuarno
Editor : Wahyu Praditya P