Netral English Netral Mandarin
05:51wib
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku siap maju menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Presiden Joko Widodo ingin agar pelaksanaan penyuntikan booster vaksin Covid-19 dilakukan mulai awal 2022.
Warga Shalat Berjamaah dan Abaikan Prokes, Yunarto: Pak Anies Gak Marah-marah Lagi?

Selasa, 20-Juli-2021 21:20

Yunarto Wijaya
Foto : Istimewa
Yunarto Wijaya
16

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menyindir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang terkesan tebang pilih dalam menegakkan aturan di masa PPKM Darurat.

Bagaimana tidak, saat menyidak sejumlah kantor beberapa waktu lalu, Anies marah-marah karena mendapati beberapa kantor yang dinilai melanggar PPKM Darurat.

Bahkan Anies mengatakan kepada HRD salah satu kantor bahwa 'Ini bukan soal untung rugi, ini soal nyawa, dan orang-orang seperti ibu ini yang egois'.

Kini, Anies seakan 'tak berkutik' ketika banyak warga Jakarta nekat menggelar ibadah shalat Idul Adha 1442 H secara berjamaah dan tidak menerapkan protokol kesehatan.

Hal inilah yang membuat Yunarto mempertanyakan sikap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

"Pak @aniesbaswedan gak marah-marah lagi? Ini urusan nyawa juga loh...," tulis Yunarto di akun Twitter-nya, Selasa (20/7/2021).

Yunarto menautkan video pemberitaan KompasTV soal warga Johar Baru, Jakarta Pusat yang menggelar shalat Idul Adha berjemaah pada Selasa (20/07/2021) pagi.

Dalam video itu, tampak warga Johar Baru membeludak mengikuti Shalat Ied di salah satu ruas jalan tanpa mengindahkan jaga jarak.

Seperti diberitakan, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas telah mengingatkan agar tak boleh ada pelaksanaan shalat Idul Adha di masjid atau lapangan pada tahun ini. Sebab, Indonesia tengah menghadapi lonjakan Covid-19 dan sedang dalam masa PPKM Darurat.

"Shalat Idul Adha hanya bisa dilakukan di rumah, bisa dilakukan di rumah. Tidak ada shalat Idul Adha di masjid atau di lapangan dalam masa PPKM Darurat ini," kata Yaqut dalam konferensi pers usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri, Jumat (16/7/2021).

Hal serupa juga disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ia meminta warga Jakarta untuk menyelenggarakan shalat Idul Adha di rumah masing-masing.

"Kami mengimbau seluruh penyelenggaraan untuk mengadakan shalat Idul Adha di rumah masing-masing sebagai mana kita pernah melakukannya tahun lalu. Dengan itu insya Allah semua terlindungi," kata Anies dalam rekaman suara, Minggu (18/7/2021).

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wahyu Praditya P