Netral English Netral Mandarin
19:45wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Lima Cara Pulihkan Kondisi Tubuh ala Pemain Sepak Bola Profesional

Sabtu, 14-Agustus-2021 07:15

striker Real Madrid Karim Benzema dengan teknik Bekam.
Foto : Instagram.
striker Real Madrid Karim Benzema dengan teknik Bekam.
17

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Para pesepakbola profesional memiliki cara tersendiri dalam memulihkan kembali kondisi tubuhnya setelah kelelahan bermain bola.

Berikut ini ada lima cara gaya pemain bola profesional seperti Christiano Ronaldo yang melakukan ice bath hingga Karim Benzema yang menggunakan teknik bekam.

Dilansir dari berbagai sumber termasuk olahbola, berikut lima cara memulihkan kondisi tubuh:

Ice Bath

Departeme Fisiologi di Institut Olahraga Australia meyakini bahwa berendam di kolam es selama 10-15 menit dapat menyempitkan pembuluh darah sehingga pembengkakan yang terjadi akan berkurang.

Metode ini diyakini akan mengurangi stres oksidatif diotot serta meredam transmisi saraf, yang bisa membantu mengunragi persepsi rasa sakit arenas sinyal rasa sakit ditranskisikan melalui saraf. Christiano Roaldo juga dikenal sebagai salah satu yang hobi berendam di air es.

Terapi Bekam

Pengobatan ini menggunakan alat yagn ditempek peada permukaan kulit agar terjadi penyedotan pada kulit seringa dapat mengeluarkan racun dan zat berbahaya.

Tidak hanya itu terapi bekam juga dianggap dapat mensurai rasa sakit dari proses peradangan di seluruh tubuh, serta membuat tubuh dan pikiran rileks. Seperti yang biasa terlihat di tubuh striker Real Madrid Karim Benzema.

Cryosauna

Ini adalah alterntif lain dari berendam di kolam es. Terapi ini mengharuskan kita untuk masuk ke mesin pendingin yang penuh dengan asap untuk mengurangi suhu tubuh selama satu sampai tiga menit.

Banyak atlet menyukai Cryosauna berpendingin nitrogen karena suhunya yang sangat rendang hingga -140 derajat celcius.

Mesin ini diyakini adalah cara paling cepat untuk memukihkan kondisi tubuh setelah aktivitas berat dan menghilangkan rasa sakit serta membantu pemulihan otot.

Alat Pemulihan Pribadi

Para pemain tentu memiliki alat pemulihan masing-masing di rumhanya, seperti inflatable leg recovery yang dapt terkompresi dengan pas di sekitar kaki. Begitu terisi dengan udara, alat in akan meremas kaki dengan lembut seperti pijatan untuk meningkatkan aliran darah. 

Sebuah studi pada 2018 menyimpulkan bahwa alat ini mengurangi nyeri otot kelelahan dan peredangan sendi.

Metode Klasik

Sebelum muncul banyak alat modern seperti skaragn ini, para pemain spak bola hanya memiliki dua cara, yaki pemanasan dan pendinginan agar otot pemain tidak terkejut dari ativitas ringat ke activitas berat atau sebaliknya. Satu hal lain adalah pijatan dari para fisioterapi klub. Teknik ini ini terrasuk yang masih sering dijumpai di berbagai klub penjuru dunia.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati