Netral English Netral Mandarin
14:26wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Lima Fakta Menarik Tentang Raja Ampat, Wajib Dikunjungi

Kamis, 22-April-2021 06:00

Keindahan Raja Ampat
Foto : Traveling yu.
Keindahan Raja Ampat
7

RAJA AMPAT, NETRALNEWS.COM - Menikmati keindahan alam di ujung Indonesia ini mimeng membutuhkan biaya tak sedikit untuk menikmatinya.

Namun, jika sudah berada di sini, maka harga tidak ada artinya lagi. Jika Anda belum pernah datang dan penasaran ingin mengatahui lebih jauh tentang Papua terutama Raja Ampat, inilah fakta mengenai Raja Ampat.

Raja Ampat tak hanya sarat akan kekayaan alam dan keindahan panoramanya saja, tetapi juga budaya dan sejarahnya. Terdiri dari rangkaian gugusan ratusan pulau dengan empat pulau besar diantaranya, yaitu Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta.

1. Tempat Menyelam Paling Keren di Dunia

Bagi seorang penyelam, keberadaan terumbu karang merupakan daya tarik yang tidak diabaikan. Sedangkan Raja Ampat merupakan surganya terumbu karang. Ada beberapa kawasan terumbu karang yang kondisinya masih sangat baik dengan persentase penutupan karang hidup hingga 90%, yaitu di selat Dampier (selat yang memisahkan Pulau Waigeo dan Pulau Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepulauan Misool Timur Selatan dan Kepulauan Wayag.

2. Peninggalan Sejarah

Terdapat cap tangan yang diperkirakan sudah berusia lebih dari lima puluh ribu tahun lamanya. Cap tangan ini dapat ditemukan di wilayah pegunungan Misool. Bukti prasejarah ini menunjukan tanda-tanda pergerakan kehidupan di masa lampau yang berkaitan dengan cikal bakal penyebaran manusia di sejumlah wilayah Nusantara.

Tak hanya itu, di dasar laut Kepulauan Raja Ampat juga ditemukan sejumlah bangkai kapal dan pesawat pasca peninggalan Perang Dunia II. Berkat pencarian bangkai itulah, surga tersembunyi di wilayah timur Indonesia ini kebetulan ditemukan.

3.Memiliki Hutan di Bawah Laut

Raja Ampat juga dikenal dengan keanekaragaman hayatinya. Sejumlah flora fauna yang unik dan langka turut meramaikan suasana alam baik dalam air maupun darat. Pada bagian darat, hewan seperti cendrawasih, nuri, kakatua, maleo, kuskus dan lainnya juga hidup menjadi bagian dari ekosistem.

4. Memiliki Terumbu Karang Terlengkap di Dunia

Indonesia boleh berbangga dengan kepopuleran Raja Ampat di mata dunia. Pasalnya 75% jenis terumbu karang yang ada di dunia terkumpul dan hidup dengan baik di tempat ini. Dikabarkan terdapat 1000 jenis aneka terumbu karang tumbuh dan memenuhi sebagian tempat ini.

Dilansir dari Indonesiakaya, Wilayah laut dan darat Raja Ampat yang memiliki luas 4,6 juta hektar ini menjadi rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan dan ribuan biota laut lainnya. Oleh karena itu, dengan berbagai keunggulan ini tidak heran apabila Raja Ampat saat ini dianggap sebagai surga bawah laut tercantik di seluruh dunia

5.Kaya Budaya

Raja Ampat ini tidak lepas dari kisah-kisah legenda yang telah dipercaya turun-temurun oleh seluruh masyarakat asli Raja Ampat. 

Konon, nama Raja Ampat diambil dari tujuh telur yang ditemukan oleh seorang wanita leluhur mereka. Empat diantaranya menetas menjadi empat orang pangeran yang kelak menjadi Raja atas 4 pulau besar Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool. Sedangkan 4 lainnya menjadi hantu, seorang wanita dan sebuah batu. 

Kisah inilah yang secara tradisi dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai awal mula berdirinya Raja Ampat. Memang masih sulit dipercaya secara akal sehat, namun bila kita menelaah lagi maknanya, alam Raja Ampat adalah sebuah tempat sakral layaknya kerajaan yang harus tetap dijaga dari kerusakan dan kehancuran.  

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani