Netral English Netral Mandarin
04:09wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
Lima Item Makanan Super Penangkal Paparan Varian Covid

Selasa, 20-Juli-2021 14:00

Minuman jahe salah satu meningkatkan imun.
Foto : Rempah-rempah.
Minuman jahe salah satu meningkatkan imun.
27

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Selama pandemi Anda dituntut untuk memiliki imun yang kuat dan tubuh agar selalu tetap fit agar tak terpapar dengan varian baru corona.

Baragam cara dilakukan orang dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat.

Dilansir dari laman getplus dan berbagai sumber lainnya, makanan super merujuk kepada makanan sehat yang padat nutrisi sehingga bisa menghindarkan tubuh dari berbagai risiko penyakit.

Selain menjalani pola makanan sehat dan olahraga teratur serata berjemur, untuk meningkatkan imun dan tubuh tetap fir, inilahlima superfood berikut ini bisa jadi pilihannya.

1. Madu

Manfaat madu itu ibarat mobil di jalur puncak saat weekend tentu banyak yang ingin pergi ke sana, dalam hal ini tentu saja mengonsumsinya. 

Madu adalah sumber karbohidrat yang baik karena antibakteri dan anti-inflamasi, kaya kandungan vitamin terutama B1, B2,B6, dan C, kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, dan kalium.

Karena itu tak heran kalau madu disebut sebagai superfood. Karenanya, mulai ganti gula dengan madu bisa jadi langkah yang baik.

Namun jangan lupa jangan konsumsi secara berlebihan. Biar bagaimanapun, madu mengandung zat gula yang bisa membuat kadar gula darah meningkat cepat. Untuk manfaat terbaik, konsumsi madu maksimal tiga sendok per hari.

2. Jahe

Tanaman rimpang yang satu ini makin populer selama pandemi. Soalnya, jahe punya kandungan ‘super’ yang dapat memperkuat imun tubuh. Kandungan tersebut adalah vitamin C, magnesium, gingerol, vitamin A, B1, B3, dan C, proteolitik, zingibain, minyak atsiri, oleoresin, dan senyawa fenolik.

Ada banyak cara buat menikmati bahan makanan sehat ini. Anda  bisa membuat wedang jahe atau menambahkan jahe ke dalam segelas teh. 

3. Beri-berian

Buah-buahan dalam kelompok beri-berian ini cukup bervariasi. Misalnya, stroberi, blackberry, blueberry, raspberry, you name it!

Beri-berian terkenal sama kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga tubuh gak gampang sakit.

Superfood yang satu ini juga dikenal dengan rasanya yang enak.Anda olah jadi jus, smoothies, dicampur dengan yogurt, atau dimakan langsung begitu aja juga nikmat.

4. Daun kelor

Daun yang punya nama keren moringa ini adalah tanaman herbal sejuta khasiat. Mulai dari manfaat kecantikan, kesehatan, sampai kecerdasan otak.

Dilansir dari Kompas, 100 gram daun kelor kering mengandung protein dua kali lebih tinggi dari yogurt, vitamin A tujuh kali lebih tinggi dari wortel, vitamin C lebih tinggi dari jeruk, kalium tiga kali lebih tinggi dari pisang, dan masih banyak lagi.

Kalau ingin mendapatkan beragam manfaat daun kelor, kamu bisa meraciknya menjadi sayur bening atau diolah menjadi teh daun kelor. Ini benar-benar makanan super.

5. Taoge

Makanan sehat satu ini murah meriah dan gampang didapatkan, yaitu taoge. Tauge kaya akan kandungan vitamin B, kalium, zat besi kalsium, dan protein. Gak hanya itu, ternyata taoge juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

Taoge dapat dinikmati mentah atau matang, sesuai selera. Tapi, jangan masak taoge terlalu lama agar kandungan vitaminnya tidak hilang.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati