Netral English Netral Mandarin
04:36wib
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memprediksi, puncak gelombang Covid-19 varian Omicron akan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret 202. Pemerintah mengakui kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami lonjakan akibat transmisi lokal varian Omicron dalam sepekan terakhir.
Lima Tempat Wisata Wajib Dikunjungi untuk yang Pertama Kali ke Danau Toba

Selasa, 07-December-2021 12:00

laketoba.travel
Foto : Danau Toba di Sumatera Utara.
laketoba.travel
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Danau Toba di Sumatra Utara harus masuk salah satu tujuan prioritas di daftar rencana wisata kamu. Terutama bagi yang belum pernah ke sana.

Danau vulkanik terbesar sejagad raya ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa, terbentuk akibat letusan gunung api purba, kira-kira terjadi pada 74 ribu tahun yang lalu.

Bagi wisatawan dalam negeri, wisata Danau Toba adalah sepetak surga yang hadir di Indonesia. Yang sudah pernah ke sana pun tak ragu untuk kembali lagi.

Nah, bagi kamu yang pertama kali berencana untuk berwisata ke Danau Toba, ini lima rekomendasi destinasi wisata wisata wajib yang bisa kamu kunjungi, seperti dikutip dari indonesia.travel, Selasa (7/12/2021) di Jakarta, yaitu:

1. Bukit Holbung

Untuk yang ingin menikmati keindahan pemandangan Danau Toba dari jarak jauh, kamu bisa mengunjungi Bukit Holbung.

Cukup mendaki sekitar 30 menit ke atas bukit, kamu akan bisa menyaksikan panorama Danau Toba yang luar biasa dari atas Bukit Holbung. Ingat, siapkan fisik yang prima sebelum mendaki, ya.

Udara yang sejuk dan pemandangan yang luar biasa bakal bikin kamu betah berlama-lama. Kamu juga dapat menjadikan tanaman ilalang yang tumbuh di atas sana sebagai spot berfoto.

2. Air Terjun SitumurunWisata Danau Toba tidak hanya seputar perbukitan. Jika berjalan ke pinggiran Danau Toba, kamu bisa menemukan sesuatu yang indah. Ya, Air Terjun Situmurun, namanya.

Air terjun ini dapat dicapai dengan menggunakan kapal motor. Dari situ, kamu bisa menikmati keindahan Air Terjun Situmurun. Airnya seperti jatuh dari langit kemudian langsung menuju danau.

3. Gunung Pusuk

Selain bukit dan air terjun, kamu juga bisa menikmati keindahan sekitar Danau Toba dari Gunung Pusuk. Siapkan fisik yang prima untuk mendaki ke puncaknya. Gunung ini juga bisa dicapai dengan kendaraan pribadi, lho.

Berada di ketinggian lebih dari 1.000 meter, udara di Gunung Pusuk sungguh sejuk. Selain itu, pemandangan yang masih hijau membuat siapa saja yang berada di sana merasa betah.

Untuk menikmati sensasi udara dingin, alangkah baiknya apabila wisatawan berkemah di Gunung Pusuk.

4. Pulau Samosir

Inilah salah satu keajaiban yang hadir di wisata Danau Toba. Wisatawan bisa mengunjungi pulau di tengah pulau. Ya, wisatawan bisa menyebrang dengan kapal feri untuk mengunjungi Pulau Samosir.

Di pulau tersebut, wisatawan akan melihat berbagai daya tarik wisata seperti pertunjukan Sigale-gale. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati air terjun hingga danau yang berada di sana.

5. Pertunjukan Sigale-gale

Salah satu pertunjukan legendaris yang dihadirkan di Pulau Samosir adalah Sigale-gale. Pertunjukan tersebut berupa patung kayu yang diberi pakaian kemudian dimainkan oleh seorang dalang. Nantinya, patung tersebut dapat menari dengan bantuan benang, seperti layaknya manusia.

Dahulu, pertunjukan Sigale-gale digelar sebagai upacara pengantar kematian bagi orang yang telah meninggal tanpa meninggalkan keturunan.

Untuk melihat pertunjukan tersebut, Sobat Pesona dapat mengunjungi di empat tempat yaitu Desa Garoha, Desa Siallangan, Desa Simanindo, dan Pelabuhan Pariwisata Tomok.

Sebagai tambahan, kamu bisa mengunjungu Danau Toba melalui jalur udara maupun darat. Jika ingin ke Pulau Samosir, kamu akan menggunakan jalur air.

Bagi pelancong yang naik pesawat kini bisa lebih cepat tiba di Danau Toba dengan adanya bandara Silangit.

Jika sudah sampai di Danau Toba, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menyebrang ke Pulau Samosir menggunakan kapal feri. Perjalanan setidaknya akan memakan waktu hingga 30 menit sampai satu jam.  

Reporter : Irawan HP
Editor : Irawan HP

Berita Terkait

Berita Rekomendasi