Netral English Netral Mandarin
05:10wib
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memprediksi, puncak gelombang Covid-19 varian Omicron akan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret 202. Pemerintah mengakui kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami lonjakan akibat transmisi lokal varian Omicron dalam sepekan terakhir.
Lima Tips Membeli Asuransi Secara Online, Gampang dan Anti Ribet

Rabu, 08-December-2021 17:00

Ilustrasi platform layanan asuransi online atau insurtech.
Foto : fintechdemand com
Ilustrasi platform layanan asuransi online atau insurtech.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Penggunaan teknologi semakin meluas di berbagai bidang, bahkan semakin cepat seiring merebaknya pandemi Covid-19.

Demikian yang terjadi di bidang pemasaran produk dan jasa, termasuk asuransi. Masyarakat kini semakin mudah mengakses produk, layanan asuransi hingga proses klaim yang saat ini hampir seluruhnya dilakukan secara digital.

Di dunia asuransi, sistem layanan asuransi berbasis teknologi lebih dikenal dengan istilah Insurance Technology (InsurTech).

Dengan InsurTech, nasabah akan lebih dimudahkan mulai dari proses pemilihan produk asuransi, administrasi hingga proses klaim – semua dapat dilakukan lebih mudah, efektif dan tidak ribet.

Banyak yang bilang beli asuransi kesehatan itu ribet dan membingungkan. Banyak juga yang tak tahu harus mulai dari mana.

Apa harus ke kantornya? Atau ketemu agen? Atau telfon saja? Pertanyaan-pertanyaan ini yang kerap muncul saat seseorang berniat membeli asuransi kesehatan.

Tapi tenang, seperti kata pepatah “Banyak jalan menuju Roma”, banyak pula cara membeli asuransi kesehatan. Yang penting caranya aman dan praktis, jadi kamu tak perlu membuang waktu, uang, dan energi.

Untuk mempermudah masyarakat yang ingin membeli asuransi secara online yang tepat dan sesuai kebutuhan, FWD Life Indonesia membagikan tips-tips berikut ini:

1. Pilih Asuransi yang memberikan manfaat optimal

Cobalah kamu memilih asuransi dengan perlindungan yang menyeluruh dan memiliki manfaat yang optimal. Manfaat asuransi tidak hanya bisa dirasakan oleh kamu saja, tetapi juga keluarga ketika ada risiko kesehatan dan kejadian yang tidak terduga.

Adapun jaminan asuransi kesehatan yang menawarkan cakupan perlindungan lengkap, di antaranya: Manfaat meninggal dunia, Manfaat kecelakaan, Manfaat penyakit kritis, Manfaat rawat inap serta Manfaat investasi.

Kelima jenis manfaat tersebut penting untuk memberikan jaminan perlindungan terhadap potensi risiko yang mempengaruhi kondisi kesehatan, kehidupan, dan keuangan kamu. Misalnya dalam kasus terburuk, seseorang meninggal dunia karena menderita suatu penyakit, pihak asuransi akan memberikan manfaat biaya santunan untuk keluarga yang ditinggalkan. Artinya, biaya ini bisa memberikan harapan untuk melanjutkan kehidupan keluarga ketika pemegang polis tutup usia.

Selain itu, manfaat asuransi juga dapat mencakup perlindungan lengkap seperti memberi dukungan biaya perawatan kesehatan untuk menjamin nasabah atau pemegang polis mencapai kesembuhan yang maksimal ketika mengalami kecelakaan atau didiagnosis penyakit tertentu.

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki asuransi adalah manfaat investasi yang menguntungkan bagi nasabah atau pemegang polis.

Nah, kamu bebas menentukan manfaat mana dari kelima jenis manfaat yang sudah dijelaskan di atas berdasarkan dari prioritas kebutuhan kamu.Hal ini bisa menjadi tips cara memilih asuransi dengan manfaat optimal sesuai kebutuhanmu.

2. Beli di situs pembanding produk asuransi atau broker

Selain di situs perusahaan asuransi, kamu juga bisa membeli asuransi kesehatan di situs pembanding produk asuransi atau broker asuransi online. Poin positif beli di situs seperti ini adalah kamu bisa membandingkan dan memilih produk asuransi terbaik dari berbagai perusahaan asuransi sebelum memutuskan untuk membelinya.

Jadi kalau kamu belum yakin mau membeli asuransi kesehatan apa, sebaiknya kunjungi dulu situs pembanding atau broker online ini. Di situ kamu bisa bandingkan dulu sejumlah produk, mulai dari manfaat yang diberikan, plafon pertanggungan, premi, sampai cara klaimnya.

Kalau sudah memantapkan pilihan, kamu bisa langsung beli asuransi kesehatan di situs tersebut. Namun cara pembeliannya akan berbeda-beda. Kalau produk asuransi yang kamu pilih sudah bekerja sama dengan situs pembanding atau broker yang kamu pakai, maka kamu bisa langsung beli di sana. Tapi kalau perusahaan asuransi pilihanmu tidak bekerja sama, maka kamu akan diarahkan ke situs resmi perusahaan asuransi tersebut untuk melanjutkan proses pembelian online.

3. Beli di Online Platform

Beli asuransi kesehatan juga ternyata bisa dilakukan di Online Platform seperti e-commerce atau marketplace lho. Jadi tak hanya jualan produk kebutuhan sehari-hari, produk keuangan seperti asuransi kesehatan juga bisa kamu temukan di sana.

Sama seperti beli barang online, beli asuransi di e-commerce pun caranya sama. Kamu tinggal memilih produk asuransi kesehatan yang kamu mau, ikuti instruksi pengisian data dan pembelian di situsnya.

4. Mudah digunakan dalam pemanfaatannya

Cara selanjutnya saat memilih asuransi, pastikan kamu mendapatkan kemudahan manfaat. Sebelumnya, pasti kamu akanberkonsultasi dengan agen perusahaan asuransi. Pertimbangkan kemudahan klaim yang diberikan kepada nasabah, serta rekanan fasilitas kesehatan apa saja yang ditanggung perusahaan asuransi. Penting untuk mengetahuinya secara detail,sehingga kamu mendapatkan manfaat yang sesuai dengan ekspektasi.

Usahakan memilih manfaat dengan proteksi yang menyeluruh, sehingga tak perlu cemas memikirkan biaya secara keseluruhan seandainya terjadi musibah. Jangan lupa, pilih asuransi dengan manfaat optimal yang bisa menjamin kesehatan, sesuai dengan kemampuan finansial.

5. Lihat kembali biaya premi dan polis

Bila telah menentukan rencana asuransi berdasarkan kebutuhanmu, jangan lupa untuk melihat kembali biaya premi. Setiap orang memiliki penghasilan yang berbeda dan kebutuhan bulanan yang berbeda.

Pilihlah biaya premi sesuai dengan kemampuan finansial kamu. Pastikan kembali premi yang sesuai dapat memberikan perlindungan kesehatan yang luas maupun sesuai kebutuhan kesehatan kamu.

Setelah itu, cermati polis atau kontrak yang akan kamu sepakati dengan perusahaan asuransi tersebut. Polis merupakan kesepakatan antara nasabah dan perusahaan asuransi yang berlaku secara tertulis. Polis mengatur hal apa saja yang berlaku pada jasa asuransi yang telah dipilih. Bila semuanya sudah pas dan siap, ini saatnya kamu mendaftar asuransi.

Jadi, jangan ragu untuk memiliki asuransi yang dapat membantu melindungi kesehatan, kehidupan, dan keuangan kamu. Lakukan lima cara di atas dalam memilih asuransi kesehatan yang terbaik untuk kamu dan keluarga. 

Reporter : Irawan HP
Editor : Wahyu Praditya P

Berita Terkait

Berita Rekomendasi