Netral English Netral Mandarin
23:06wib
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan kebijakan karantina berlaku untuk semua tim MotoGP 2022 tanpa terkecuali. Pemerintah memutuskan memberi nama ibu kota negara baru Indonesia dengan istilah Nusantara. Pemberian nama tersebut dinilai terkesan Jawa Sentris.
Liverpool Naik ke Posisi Kedua Klasemen Usai Cukur Southampton 4-0

Minggu, 28-November-2021 06:47

Gelandang Liverpool Thiago Alcantara melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Southampton dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu (27/11/2021).
Foto : Antara/Reuters
Gelandang Liverpool Thiago Alcantara melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Southampton dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu (27/11/2021).
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Thiago Alcantara mencetak gol lagi saat Liverpool mencukur Southampton 4-0 dalam laga pekan ke-13 Liga Inggris di Stadion Anfield, Sabtu (27/11/2021).

Gelandang berpengalaman asal Spanyol itu mencetak gol ketiga Liverpool, untuk menandai penampilan suburnya yang berbuah gol dalam dua pertandingan beruntun setelah juga menjebol gawang Porto di Liga Champions tengah pekan lalu.

Dua gol pertama Liverpool dicetak oleh Diogo Jota, sementara Virgil van Dijk turut menyarangkan bola ke gawang bekas timnya itu untuk melengkapi kemenangan The Reds.

Kemenangan kali ini membawa tim besutan Juergen Klopp naik ke posisi kedua klasemen sementara dengan raihan 28 poin, menggusur Manchester City (26) yang baru main sehari berselang.

Sementara bagi Southampton hasil ini memperburuk catatan tandang mereka yang berbuah 14 kekalahan dalam 18 pertandingan terakhir dan tim besutan Ralph Hasenhuettl itu turun ke urutan ke-14 dengan 14 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Liverpool nyaman memimpin 3-0 atas tamunya saat turun minum berkat dwigol Jota yang disusul gol Liga Inggris pertama Thiago musim ini, serta dua aksi penyelamatan gemilang kiper Alisson Becker.

Tuan rumah langsung membuka keunggulan saat laga belum genap berusia dua menit ketika Jota menyontek umpan tarik matang Andy Robertson di muka gawang.

Pada menit ke-13, Sadio Mane sempat menyarangkan bola ke gawang bekas klubnya menyambut umpan tendangan bebas Robertson, tetapi hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside yang belakangan dikonfirmasi oleh VAR.

Keasyikan menyerang Liverpool sempat melakukan kesalahan yang berujung serangan balik berbahaya Southampton, tapi Alisson tampil jadi penyelamat ketika menutup ruang tembak Armando Broja pada menit ke-23.

Liverpool menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-32 melalui gol kedua Jota, yang berdiri bebas di area tiang jauh, untuk menyelesaikan umpan matang kiriman Mohamed Salah yang menyudahi kombinasi bersama Jordan Henderson.

Lima menit berselang, Liverpool menambah marjin keunggulan mereka saat Thiago mengantisipasi bola sapuan tak sempurna barisan pertahanan Southampton dan merangsek ke dalam kotak penalti sebelum melepaskan tembakan yang berbelok membentur Lyanco sehingga memperdaya kiper Alex McCarthy.

Liverpool mengawali paruh kedua sama baiknya dengan babak pertama dan Mane nyaris mencetak gol indah bila saja McCarthy tak menepis bola melengkung yang mengarah ke pojok tiang jauh Southampton.

Namun, hasil sepak pojok dari serangan itu bisa dimanfaatkan oleh Liverpool menambah keunggulan mereka saat umpan Trent Alexander-Arnold jatuh disambar Van Dijk di dekat titik penalti dengan tembakan keras yang melesak di bawah badan McCarthy pada menit ke-52.

Southampton sebetulnya punya peluang emas untuk membalas dua menit kemudian, tetapi Adam Armstrong mendapati tembakan pertamanya mengenai Ibrahima Konate dan bola muntah yang ia sambar masih bisa dihalau oleh Alisson.

Jota gagal melengkapi raihan trigolnya ketika sontekannya atas umpan silang rendah Robertson masih melambung di atas mistar gawang, sedangkan Salah mendapati tembakan apiknya bisa dihadang oleh Mohamed Salissu menggunakan kepalanya.

Liverpool terus menguasai pertandingan tapi skor 4-0 tak mampu diubah hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Di pertandingan selanjutnya, Liverpool akan melakoni Derbi Merseyside melawan Everton di Goodison Park pada Rabu (1/12/2021) pekan depan, sehari setelah Southampton menjamu Leicester City di St. Mary's.

Reporter : Antara
Editor : Sesmawati

Berita Terkait

Berita Rekomendasi