Netral English Netral Mandarin
22:53wib
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan kebijakan karantina berlaku untuk semua tim MotoGP 2022 tanpa terkecuali. Pemerintah memutuskan memberi nama ibu kota negara baru Indonesia dengan istilah Nusantara. Pemberian nama tersebut dinilai terkesan Jawa Sentris.
Madrid Menang Dramatis 3-2 atas Barca di Semifinal Piala Super Spanyol

Kamis, 13-January-2022 05:49

Pemain Real Madrid melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Barcelona dalam pertandingan semifinal Piala Super Spanyol di Stadion King Fahad International pada 13 Januari 2022
Foto : Antara/Reuters
Pemain Real Madrid melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Barcelona dalam pertandingan semifinal Piala Super Spanyol di Stadion King Fahad International pada 13 Januari 2022
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Real Madrid menang secara dramatis 3-2 atas Barcelona dalam semifinal Piala Super Spanyol yang digelar di King Fahd International Stadium, Riyadh, Arab Saudi pada Kamis (13/1/2022) dini hari WIB, demikian laporan laman resmi RFEF.

Tiga gol Real Madrid masing-masing dicetak oleh Vinicius, Karim Benzema dan Federico Valverde. Sedangkan Luuk de Jong dan Ansu Fati menjadi pencetak gol untuk Barcelona.

Kemenangan ini mengantarkan Real Madrid ke final turnamen tersebut. Mereka akan berhadapan dengan pemenang antara Atletico Madrid dan Athletic Bilbao.

Ini juga menjadi kemenangan ke-100 Real Madrid atas Barcelona di pertandingan resmi.

Peluang pertama diciptakan oleh Real Madrid pada menit ke-4. Asension memberikan umpan ke Benzema di tepi kotak penalti.

Penyerang Prancis itu tidak ragu untuk melepaskan tendangan, tetapi bola masih terlalu tinggi dari gawang Ter Stegen.

Barcelona mencoba membalas, tetapi masih belum bisa menciptakan peluang berbahaya.

Real Madrid kembali mengancam pada menit ke-7. Kali ini tendangan Vinicius masih tipis dari gawang Barcelona tendangan setelah menerima umpan dari Asensio.

Barcelona memang lebih banyak menguasai bola, tetapi mereka kesulitan untuk membongkar pertahanan Madrid.

Real Madrid mendapatkan kans emas pada menit ke-11. Luka Modric memberikan umpan terobosan ke Vinicius, yang menusuk ke kotak penalti Barca sebelum melepaskan tendangan.

Sayangnya, bola masih mengarah tepat kepelukan Ter Stegen.

Real Madrid akhirnya bisa memecahkan kebuntuan pada menit ke-25. Karim Benzema merebut bola saat Sergio Busquet lengah dan memberikan umpan terobosan ke Vinicius.

Pemain Brazil tersebut menggunakan kecepatannya untuk masuk ke kotak penalti Barcelona sebelum menaklukkan Ter Stegen dengan sontekan kaki kirinya. Skor menjadi 1-0.

Barcelona langsung merespons gol tersebut dengan dua peluang emas melalui sundulan Luuk de Jong dari jarak dekat pada menit ke-30 dan 32.

Namun, keduanya masih bisa ditangkap oleh penjaga gawang Real Madrid Thibaut Courtois.

Pada menit ke-38, Marco Asensio menciptakan peluang bagi Madrid melalui tendangan dari luar kotak penalti. Namun, bola masih terlalu mudah ditangkap Ter Stegen.

Barcelona akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-41. Dani Alves melepaskan umpan silang ke Frankie de Jong yang menusuk ke wilayah lawan

Gelandang Belanda tersebut kemudian memberikan bola ke Ousmane Dembele di sisi kiri sebelum melakukan umpan tarik ke kotak penalti yang disambar Luuk de Jong. Skor menjadi imbang 1-1.

Tidak ada peluang dan gol tambahan hingga babak pertama selesai.

Xavi melakukan pergantian di babak kedua, Pedri masuk menggantikan Frankie de Jong dan EZ Abde masuk menggantikan debutan baru Barcelona Ferran Torres.Pergantian Xavi hampir membuahkan hasil saat tendangan Pedri dari luar kotak penalti pada menit ke-50. 

Namun, bola masih membentur pemain Real Madrid dan melebar ke sisi kanan gawang.Barcelona bermain lebih baik di menit-menit awal babak kedua.

Pada menit ke-54, Ousmane Dembele mengancam lewat tendangan dari luar kotak penalti. 

Namun, laju bola masih belum menemui sasaran. Xavi kembali melakukan pergantian pada menit ke-66. 

Ansu Fati bermain untuk pertama kalinya sejak alami cedera panjang, pemain Spanyol itu menggantikan Luuk de Jong.

Kedua tim bermain cukup imbang, dengan penguasaan bola 50-50.Ancelotti memasukkan Rodrygo untuk menggantikan Asensio pada menit ke-68.

Semenit kemudian, Real Madrid bisa kembali unggul andai saja tendangan Karim Benzema dari jarak dekat tidak mengenai tiang gawang.

Gol kedua Madrid akhirnya tiba pada menit ke-71. 

Ter Stegen berhasil melakukan penyelamatan dari tendangan Benzema, bola jatuh ke kaki Carvajal sebelum dikirim ke kotak penalti yang disambar Benzema menjadi gol. 

Madrid unggul 2-1.Kedua tim melakukan pergantian, Barcelona memasukkan Nico dan Depay. Sedangkan Valverde menggantikan Luka Modrid.

Pergantian Xavi membuahkan hasil. Barcelona berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-84. Umpan Jordi Alba ke kotak penalti berhasil disundul oleh Ansu Fati.

Babak kedua berakhir dengan skor imbang 2-2 dan pertandingan masuk ke perpanjangan waktu.Real Madrid kembali unggul untuk ketiga kalinya pada menit ke-98. Federico Valverde menyelesaikan sebuah skema serangan balik dan membuat skor menjadi 3-2.

Barcelona hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-108. Ez Abde melewati Casemiro dan melepaskan tendangan di pinggir kotak penalti, tetapi bola meleset tipis dari gawang Courtois.

Hingga pertandingan selesai, Real Madrid mampu menjaga keunggulan mereka dan berhasil memenangkan pertandingan dengan dramatis.

Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Dani Alves (Nico Gonzalez 78'), Ronald Araujo, Gerard Pique, Jordi Alba; Pablo Gavira (Memphis Depay 78'), Sergio Busquets, Frenkie de Jong (Pedri 46'); Ferran Torres (Abdessamad Ezzalzouli 46'), Luuk de Jong (Ansu Fati 66'), Ousmane Dembele.

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Ferland Mendy, Nacho Fernandez, Eder Militao, Daniel Carvajal (Lucas Vazquez 91'); Toni Kroos, Casemiro, Luka Modric (Federico Valverde 83'); Vinicius Junior, Karim Benzema, Marco Asensio (Rodrygo Goes 68').

Reporter : Antara
Editor : Sesmawati

Berita Terkait

Berita Rekomendasi