Netral English Netral Mandarin
00:57 wib
Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid berencana melaporkan seorang peramal, Mbak You, terkait ramalan Jokowi lengser dari jabatan presiden pada 2021. Peneliti menyatakan varian baru virus corona SARS-CoV-2 yang ditemukan di Inggris dan Afrika Selatan (Afsel) tidak mempengaruhi kerja vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech.
Mahasiswa UMB Kampanye Alternatif Belanja yang Aman saat Pandemi 

Kamis, 07-January-2021 19:45

Kampanye Belanja Aman Saat Pandemi Covid-19
Foto : Instagram
Kampanye Belanja Aman Saat Pandemi Covid-19
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mahasiswa Universitas Mercu Buana (UMB) melakukan kampanye belanja yang aman saat Pandemi Covid-19, yakni belanja online yang bisa diakses dari rumah.

Kampanye ini digadang-gadang menggunakan hashtag "Belanja Dari Rumah" (#BelanjaDariRumah), sejak Oktober 2020 hingga Januari 2021.

Kampanye #BelanjaDariRumah dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menginformasikan alternatif, cara belanja kebutuhan pokok yang aman, dengan menerapkan berbagai protokol. Kampanye juga dilakukan sebagai bentuk dukungan pada pemerintah dalam memutus rantai penularan Covid-19.



Adapun Kampanye #BelanjaDariRumah dilakukan melalui dua media sosial yang tengah digandrungi masyarakat. Dua media sosial yang dimaksud adalah Tik Tok dan Instagram; dengan nama akun "belanja dari rumah". 

Melalui media sosial, lima orang mahasiswi membuat kampanye belanja online yang menarik. Di Instagram, mereka memberikan berbagai infografis setiap minggunya untuk memberikan informasi dasar seputar Covid-19, vaksin, hingga berbagai tahapan yang aman, mudah, dan sesuai protokol kesehatan dalam belanja online, dengan mengacu berdasarkan pernyataan para ahli. 

Melalui Tik Tok, mereka juga melakukan kampanye terkait cara belanja online yang aman saat pandemi. Tahapan tersebut dikemas secara menarik melalui video singkat, dengan harapan mudah dimengerti dan diterapkan oleh masyarakat. 

"Kami sengaja mengangkat tema kampanye seputar belanja online yang aman saat Pandemi Covid-19, karena belanja merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh masyarakat. Dari situ kita menyadari ada risiko penularan Covid-19 apabila beraktivitas di luar rumah, seperti belanja kebutuhan pokok," ujar Ketua Kampanye #BelanjaDariRumah Yenni Rulita Ginting dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/1/2021).

Tidak hanya memberikan informasi seputar tahapan belanja online yang aman saat Pandemi Covid-19, Yenni bersama teman seperjuangannya juga memberikan rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk belanja online. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari yang dimaksud adalah Aplikasi SuperKiosk. 

SuperKiosk merupakan usaha ritel modern sekelas minimarket yang menjual kebutuhan sehari-hari untuk masyarakat umum yang tinggal di perumahan, apartemen atau pemukiman dengan menggunakan media aplikasi smartphone Android ataupun iPhone.

Dijelaskan Yenni, ada berbagai kemudahan belanja di SuperKiosk, di antaranya hanya via aplikasi. Harga yang ditawarkan juga bersaing dan transparan, serta menawarkan berbagai kemudahan pembayaran.

"SuperKiosk juga memberikan pengalaman belanja yang lebih modern dan nyaman. Tanpa ada minimum pembelanjaan, barang yang dipesan akan diantar ke rumah dalam waktu kurang dari 15 menit tanpa biaya tambahan," ujar Yenni yang ajak masyarakat belanja kebutuhan pokok secara online. 

Melalui kampanye #BelanjaDariRumah, pihaknya mengingatkan masyarakat selalu menggunakan masker dan sarung tangan apabila menerima paket saat belanja online. Selain itu harus menjaga jarak dengan kurir dan menyemprot paket dengan disinfektan, serta membuka paket dengan gunting khusus.

Terkait belanja makanan secara online, Yenni juga membagikan beberapa tips, di antaranya untuk menyiapkan tempat khusus bagi kurir meletakkan paket makanan dan jangan lupa untuk membuang bungkusnya segera. Pihaknya juga imbau untuk membersihkan kemasan dengan cairan disinfektan pada bagian luar dan memanaskan ulang makanan, serta mencuci tangan sebelum makan.

"Selain itu kami juga selalu mengingatkan #KawanBelanjaDariRumah untuk selalu patuh pada protokol kesehatan. Jangan lupa selalu terapkan 3M, pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan," pesan Yenni.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli