Netral English Netral Mandarin
00:07wib
Dua laga babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021) sudah diketahui dengan mempertemukan Italia vs Austria dan Wales vs Denmark. Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) khawatir rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya kolaps di tengah lonjakan kasus Covid-19.
Makanan Khas Jateng Krengseng, Sajian Segar Pas untuk Buka Puasa

Jumat, 30-April-2021 07:00

Krengseng makanan khas Jateng.
Foto : Resepkoki
Krengseng makanan khas Jateng.
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sebagai salah satu makanan khas pulau Jawa, krengsengan merupakan santapan yang bukan hanya penuh dengan bumbu yang gurih manis, namun juga mudah untuk dibuat kembali di dapur rumah keluarga modern. 

Apabila Anda bosan dengan hidangan daging yang cenderung monoton, krengsengan daging dapat jadi opsi lain. Makanan ini hanya memerlukan satu wajan yang sama, sehingga tidak merepotkan saat membersihkan. 

Makanan yang mirip dengan tongseng namun lebih pekat ini ini cocok disantap keluarga untuk makan siang atau pun makan malam.

Dilansir dari resepkita, berikut cara dan bahan yang dibutuhiannya.

Bahan650 g daging dan iga sapi, potong-potong2 buah tomat merah, potong memanjang 3 sdm Kecap Manis 2 sdm petis udang 300 ml air 2 sdm minyak, untuk menumisPetis jika Anda suka

Bumbu halus:

6 butir bawang merah 4 siung bawang putih 4 buah cabai merah keriting3 cm jahe 1 sdm merica butiran 1 sdt garam

Potong-potong daging sapi sesuai selera, kalau memungkinkan potong melawan serat supaya daging tidak alot. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Jika perlu tambahkan sedikit minyak dlm blender untuk mempermudah proses penghancuran. 

Tumis bumbu halus dalam wajan cekung yang agak besar hingga matang dan berbau harum. ( kurang lebih 10 menit)

Tambahkan daging. Masak sambil diaduk-aduk hingga daging berubah warna.

Tuangkan air panas petis udang dan kecap manis. Aduk rata. 

Kecilkan api dalam posisi kecil-sedang dan teruskan memasak sampai air menyusut dan daging benar-benar matang (kurang lebih 25 menit). 

Cicipi, jika perlu tambahkan garam dan gula sesuai selera. 

Terakhir tambahkan irisan tomat, masak sebentar sampai tomat layu. Sajikan dengan nasi panas.

Perlu diperhatikan- Tambahkan air panas supaya rasa daging terkunci sehingga rasanya lebih sedap. - Hati-hati sebelum menambahkan garam karena beberapa jenis petis udang sudah terasa asin sehingga penambahan garam tidak perlu. - Masak dengan suhu sedang supaya bumbu meresap ke dalam daging dengan sempurna dan terasa lebih sedap.  

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P