Netral English Netral Mandarin
13:55wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 optimistis target capaian program vaksinasi virus corona di Indonesia akan rampung sesuai target awal pemerintah yakni pada Desember 2021. Kasus COVID-19 meningkat drastis selama seminggu terakhir. Rumah sakit hingga Wisma Atlet melaporkan bed occupancy rate yang terus meningkat.
Mampu Menghaluskan Kulit Wajah, Inilah Manfaat Jeruk Purut

Kamis, 20-Mei-2021 06:00

Manfaatkan jeruk purut untuk kecantikan wajah.
Foto : Lifestyle
Manfaatkan jeruk purut untuk kecantikan wajah.
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jeruk purut seringklai digunakan untuk memasak dan membuat makanan menjadi segar. Namun, dibalik penggunaannya untuk masakan, jeruk purut memiliki banyak manfaat.

Kandungan antioksidan dalam perasan jeruk purut cukup tinggi. Gunanya, dapat menekan produksi minyak berlebih pada wajah wanita dan menghasilkan kulit lebih cerah.

 Perasan air jeruk purut akan mengatasi bakteri pada wajah dan mengeluarkan lewat pori-pori. Sehingga kulit dapat terbebas dari jerawat.

1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut 

Jeruk purut dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Manfaat jeruk purut satu ini didapatkan dari sifat antibakteri yang ada pada jeruk purut. Perlu diketahui bahwa banyak masalah kesehatan gigi dan mulut yang memang disebabkan oleh penumpukan bakteri di mulut.

Ekstrak jeruk purut dapat membantu Anda terhindari dari masalah gusi hingga gigi berlubang.

Selain itu, sifat antibakteri dari jeruk purut dan aroma menyegarkan dari ekstrak jeruk purut juga dapat membuat Anda terhindar dari masalah bau mulut.

Sama halnya dengan masalah gusi dan gigi berlubang, penyebab bau mulut juga adalah akibat bakteri dalam mulut.

2. Menurunkan stres

Manfaat buah jeruk purut yang kedua adalah dapat membantu menurunkan stres. Minyak esensial dari ekstrak jeruk purut memiliki aroma yang cukup kuat, minyak ini juga dapat dijadikan sebagai aromaterapi.

Aromaterapi sendiri memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah dapat membantu menurunkan stres. Menghirup aromaterapi dapat memberikan efek menenangkan bagi Anda yang memiliki masalah seperti gangguan kecemasan dan depresi.

3. Mengatasi peradangan 

Jeruk purut juga dapat membantu meredakan gejala peradangan seperti pada rematik, radang sendi, dan asam urat. Jeruk purut dipercaya memiliki efek antiinflamasi.

Manfaat jeruk purut satu ini bisa Anda rasakan ketika menggunakannya secara topikal. Anda dapat menggunakan minyak esensial dari jeruk purut langsung pada bagian tubuh yang dirasa sakit atau nyeri untuk mendapatkan manfaatnya.

Anda juga bisa mendapatkan manfaatnya jika mengonsumsi jeruk purut secara langsung, namun efek yang didapatkan mungkin tidak akan sebesar dan secepat jika digunakan secara topikal.

4. Meningkatkan fungsi sistem pencernaan 

Terdapat beberapa komponen dalam jeruk purut yang dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan.

Jeruk purut dipercaya dapat merangsang saluran pencernaan sehingga dapat mengatasi gejala sembelit. Selain itu, jika dikonsumsi secara rutin, jeruk purut juga dipercaya dapat membantu mencegah berbagai gangguan pencernaan serius seperti kanker kolorektal, wasir, dan juga tukak lambung.

5. Perawatan kulit 

Manfaat jeruk purut selanjutnya bukan hanya terkait kesehatan, tapi juga kecantikan. Anda mungkin dapat menemukan beberapa produk perawatan kulit yang memiliki kandungan jeruk purut. Buah satu ini memang banyak dimanfaatkan untuk kulit karena memiliki sifat antioksidan.

Manfaat jeruk purut untuk wajah dan kulit antara lain adalah mencegah penuaan, menyamarkan bekas luka, dan juga membantu mengatasi jerawat. 

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P