Netral English Netral Mandarin
05:04wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan yang Perlu Diketahui, Yuk Cek di Sini

Minggu, 10-Oktober-2021 18:40

Ilustrasi cuka apel
Foto : Istimewa
Ilustrasi cuka apel
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Cuka apel merupakan salah satu bahan makanan biasanya digunakan untuk campuran salad, dan juga bermanfaat untuk membuat daging menjadi empuk.

Selain digunakan untuk makanan atau masakan, cuka apel ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.Cuka Apel kaya akan asam asetat, sitrat, malat dan asam amino dan juga mengandung vitamin, enzim, dan garam mineral, yang bermanfaat bagi tubuh.

Dalam dunia kecantikan cuka apel dipercaya memiliki banyak sekali khasiat bagi permukaan kulit, hal ini dikarenakan banyaknya kandungan bermanfaat yang terkandung pada cuka apel.

Berikut beberapa manfaat cuka apel untuk kecantikan, seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Membersihkan pori-poriCuka sari apel memiliki sifat astringen, yang membantu dalam meningkatkan aliran darah ke kulit dan dapat mengecilkan pori-pori. Bisa jadi obat yang bagus bagi kamu yang punya kulit wajah berminyak. Sebab cuka apel ini diyakini dapat mengatur tingkat pH kulit. Caranya, campurkan cuka sari apel dengan air. Lalu saring ke dalam wadah. Tambahkan juga beberapa tetes minyak esensial. Oleskan larutan pada wajah menggunakan bola kapas. Diamkan selama beberapa menit, bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini sekali atau dua kali sehari.

2. Mengencangkan kulitDilansir dari healthline, cuka apel dapat dijadikan toner dan cuci muka. Cuka apel dapat mencegah kerusakan dan mengencangkan kulit wajah secara alami. Kamu bisa mengoleskan secara langsung cuka apel pada wajah, namun jika dirasa kulit terasa terbakar, coba encerkan terlebih dulu cuka apel dengan takaran air yang lebih banyak.

 

3. Membantu pengelupasan kulit matiCuka sari apel akan menenangkan kulitmu dan akan membuatnya lebih lembut dan kenyal. Asam alfa hidroksilnya dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat sel-sel kulit baru yang sehat. Cara penggunaannya, tuangkan cuka sari apel ke dalam bak air hangat. Rendam tubuhmu sekaligus wajah selama 15 hingga 20 menit. Biarkan asam pelindung meresap ke dalam kulit. Lakukan cara ini saat mandi secara rutin untuk menjaga tingkat pH kulitmu.

 

4. Mengurangi bintik hitam di wajahManfaat toner cuka apel untuk wajah selanjutnya adalah dapat mengurangi bintik hitam. Manfaat ini didapat karena toner cuka apel mengandung asam alfa hidroksil yang dapat menghilangkan kulit mati dan memunculkan kulit yang sehat dan bercahaya.

Selain menghilangkan bintik hitam di wajah, toner cuka apel juga ampuh untuk menghilangkan garis-garis halus yang bisa menyebabkan penuaan dini. Gunakan toner cuka apel setiap dua kali sehari dan lihat perbedaannya selama 6 minggu pemakaian.

5. Mengatasi kulit terbakar sinar Matahari

Manfaat cuka apel untuk wajah berikutnya dapat mengatasi kulit terasa terbakar karena sinar matahari. Apabila kamu mengalami kondisi tersebut, kamu bisa meredakan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhannya dengan menggunakan toner cuka apel. Usapkan toner menggunakan kapas ke seluruh wajah kamu, ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari sampai kondisi kulit kamu membaik.

Reporter : Sesmawati
Editor : Sulha Handayani