Netral English Netral Mandarin
20:35 wib
Para tenaga medis yang kelelahan diduga menjadi salah satu penyebab meningkatnya angka kematian akibat Covid-19 di DKI Jakarta. Sebab, pada saat yang sama angka penambahan kasus terus meningkat. Keputusan untuk melanjutkan atau tidak operasi gabungan  pencarian dan evakuasi korban serta puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182 oleh tim Badan SAR Nasional (Basarnas) bakal diputuskan Senin (18/1).
Ternyata Inilah Manfaat Daun Sirih Merah yang Sering Anda Lewatkan

Senin, 11-January-2021 03:00

Konsumsi daun sirih merah dan rasakan manfaatnya.
Foto : Cookpad
Konsumsi daun sirih merah dan rasakan manfaatnya.
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sebagian masyarakat tentu sudah sangat hafal dengan manfaat daun sirih hijau. Namun, mungkin belum banyak yang tahu manfaat dari daun sirih merah.

Daun sirih merah justru lebih banyak memberikan manfaat yang teringkali terlewatkan. Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun sirih  merah setiap hari dan nikmati manfaatnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, termasuk manfaat dedaunan dan hello sehat, inilah manfaat daun sirih merah.



Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90?un sirih terdiri dari air. Karena itulah daun sirih juga rendah kalori dan rendah lemak. Per 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4-1% lemak.

Selain itu, kandungan daun sirih lainnya adalah: Protein: 3 persen per 100 gramIodin: 3,4 mcg per 100 gram, Sodium: 1,1-4,6% per 100 gram, Vitamin A: 1,9-2,9 mg per 100 gram, Vitamin B1: 13-70 mcg per 100 gramVitamin B2: 1,9-30 mcg per 100 gram, Asam nikotinat: 0,63-0,89 mg per 100 gram

Menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2

Peneliti melaporkan bahwa minum air rebusan daun sirih, atau daun sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2. 

Daun sirih juga melindungi kesehatan hati

Manfaat daun sirih untuk diabetes ini datang dari kandungan antioksidan tingginya yang bisa mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin. Penelitian yang sama juga melaporkan bahwa daun sirih tidak mempunyai efek samping apapun yang perlu dikhawatirkan.

Meski begitu, ini bukan berarti daun sirih adalah satu-satunya pengobatan diabetes yang harus Anda jalani. Jika Anda telah diresepkan obat diabetes, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum minum rebusan daun sirih untuk memastikan tidak ada risiko efek samping atau interaksi yang bertabrakan dengan kerja obat. Dauh sirih hanya dipakai sebagai pengobatan pendamping obat medis untuk mengendalikan gejalanya, bersama dengan mengubah pola makan dan rajin olahraga.

Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Seperti yang telah disebutkan di atas, daun sirih mengandung tinggi antioksidan. Dalam tubuh, antioksidan eugenol yang bekerja melawan radikal bebas pemicu stres oksidatif penyebab berbagai penyakit kronis. Salah satu manfaat daun sirih yang terkait hal ini adalah menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL, lemak jahat dalam tubuh. Daun sirih juga diketahui dapat membantu mengurangi jumlah lemak total dalam darah.

Kolesterol dan trigliserida tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner, dan gagal jantung. Sebagai gantinya, daun sirih merah dan daun sirih hijau bekerja meningkatkan kolesterol baik dalam darah yang menjaga kesehatan jantung.

Untuk membantu dengan tekanan darah tinggi, Anda bisa mencoba rebus 3-4 lebar daun sirih merah dan minum air rebusan daun sirih tersebut untuk dua kali sehari. 

Penangkal kanker

Antioksidan eugenol yang terkandung dalam rebusan dauh sirih hijau dan merah dapat membantu memerangi radikal bebas pemicu kanker pada penderita diabetes tipe 2.

Meningkatkan Energi

Mengunyah daun sirih dan biji pinang khususnya diketahui dapat meningkatkan energi. Ini karena biji pinang mengandung berbagai zat aktif yang bekerja mirip dengan nikotin, alkohol, dan kafein untuk merangsang tubuh memproduksi hormon adrenalin. Peningkatan hormon adrenalin membuat Anda jadi lebih fikus dan waspada serta lebih berenergi.

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani