Netral English Netral Mandarin
18:55wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
Masa Jabatan Anies akan Berakhir, Ferdinand Prediksi Ini Orang yang akan Menggantikannya

Kamis, 23-September-2021 12:25

Ferdinand Hutahaean dan Anies Baswedan
Foto : Istimewa
Ferdinand Hutahaean dan Anies Baswedan
19

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pakar Otonomi Daerah Djohermansyah Djohan mengatakan pengganti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga akan ditentukan oleh pemerintah pusat. Hal itu terjadi karena proses peralihan kepemimpinan menuju Pilkada Serentak 2024.

Tak lama lagi masa jabatan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut akan berakhir pada 2022 nanti.

Nama-nama penjabat gubernur akan ditentukan oleh menteri dalam negeri. Kandidat penjabat adalah aparatur sipil negara (ASN) pejabat pimpinan tinggi madya atau setara eselon I.

Kebijakan yang sama juga berlaku untuk kepala daerah di 23 provinsi lainnya. Seluruh kepala daerah dalam hal ini gubernur, bupati, dan wali kota yang masa jabatannya habis pada 2022 dan 2023 akan digantikan oleh penjabat (Pj.) gubernur pilihan pemerintah pusat.

Terkait hal itu mantan politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean (FH) ikut mengomentari dan dia juga setuju atas kebijakan tersebut.

Ferdinand mengatakan Presiden Joko Widodo akan memilih orang-orang yang dia percaya.

"Presiden @jokowi pasti akan memilih orang yang beliau percayai," tulis Ferdinand dinakun Twitternya, Kamis (23/9/2021).

Dai pun menduga, presiden akan memilih Kasetpres Budi Hartono menggantikan Anies setelah masa jabatan mantan Meteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berakhir.

"Dugaan saya, Presiden akan memilih Mas Heru Budi Hartono yang sekarang jadi Kasetpres. Beliau dibawa Jokowi dari Merdeka Selatan ke Merdeka Utara dan akan kembali ke Merdeka Selatan," ujarnya.

Reporter : Sesmawati
Editor : Sulha Handayani