Netral English Netral Mandarin
05:18wib
Menkes Singapura meminta pasien Covid-19 yang masih muda dan telah mendapatkan vaksin penuh untuk dirawat di rumah mengingat kapasitas unit gawat darurat hampir penuh. KPK menjadwalkan pemanggilan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai saksi dugaan korupsi pengadaan lahan di Munjul, Cipayung, Jakarta Timur, hari ini.
Masuk Pasar di Jakarta Pengunjung Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin

Senin, 26-Juli-2021 16:30

Pasar Klender
Foto : Istimewa
Pasar Klender
27

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Perumda Pasar Jaya kembali mengizinkan pembukaan pasar- pasar tradisional yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari dengan protokol kesehatan yang ketat.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan, sambil menunggu kebijakan lebih lanjut dari Pemprov DKI Jakarta, pihaknya mengizinkan pasar tradisional, selain yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, buka sampai pukul 15.00 WIB dengan kapasitas maksimal 50 persen.

"Seluruh pasar milik Pasar Jaya dapat beroperasi maksimal hingga pukul 15.00 WIB dengan memperhatikan prokes dan kapasitas pengunjung pasar maksimal sebesar 50 persen,” kata Arief Nasrudin dalam keterangannya, Senin (26/7/2021).

Selain itu, pedagang dan pengunjung pasar wajib menunjukan bukti vaksin berupa kartu, sertifikat atau SMS ketika akan memasuki pasar. 

Hal ini mengingat vaksinasi yang sudah cukup banyak dilakukan di seluruh wilayah DKI Jakarta.

"Untuk setiap pelanggan yang makan atau minum maksimal 20 menit untuk bisa menyelesaikan makanan atau minuman yang telah dipesan di tempat," ujar Arief. 

Arief juga mengimbau pedagang dan pengunjung pasar untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Sehingga area pasar tidak menjadi tempat penularan Covid-19," pungkas Arief.

Diketahui pemerintah memutuskan untuk memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 2 Agustus 2021. Kendati demikian, terdapat beberapa penyesuaian, yakni pembukaan pasar tradisional.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan, pasar diperbolehkan buka seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani