Netral English Netral Mandarin
11:05wib
Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengingatkan pemerintah agar tak mengangkat anggota TNI atau polisi aktif sebagai penjabat gubernur. Survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menyatakan sebanyak 58,1 persen masyarakat puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo.
Mau Ganti Pelek, Pilih Jenis dan Ukuran yang Tepat Agar Aman dan Nyaman

Selasa, 11-Mei-2021 22:30

Velg mobil
Foto : netclipart.com
Velg mobil
38

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Salah satu part mobil yang jadi incaran utama untuk dimodifikasi adalah pelek. Pilihan pelek yang tepat akan membuat tampilan mobil Anda jauh meningkat.

Pelek mobil terdiri dari beragam bentuk dan ukuran. Masing-masing pelek juga memiliki jumlah palang berbeda yang mempengaruhi kenyamanan berkendara.

Setiap jenis pelek mobil memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai penopang, mau berapa pun jumlah palangnya. Sebabnya, makin besar mobil, maka semakin banyak juga jumlah palangnya.

Diyakini semakin sedikit jumlah palang pelek maka biasanya akan semakin ringan.

Sebagai contoh, biasanya mobil balap memiliki jumlah palang yang sedikit karena membutuhkan laju lebih kencang dari mobil harian.

Namun perlu dicatat, jika hanya untuk keperluan aktivitas sehari-hari, sebaiknya tetap ikuti standar yang direkomendasikan oleh pabrikan agar aktivitas berkendara tetap terasa aman dan nyaman.

Jika menggunakan pelek yang tidak sesuai, mobil menjadi tidak stabil bahkan menimbulkan bunyi yang dapat mengganggu, sehingga berkendara jadi terasa tidak aman dan nyaman.

Baca Juga :

Dengan kata lain, perbedaan jumlah palang pelek tidak terlalu mempengaruhi performa, melainkan cenderung lebih mempengaruhi faktor keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Berikut jenis pelek versi standar maupun modifikasi seperti dilansir dari berbagai sumber:

Alloy wheelJenis ini merupakan salah satu yang paling umum disematkan pada kendaraan. Hal ini karena bobotnya yang ringan dan juga tampilannya sporty.

Alloy wheel juga memiliki kemampuan menahan bobot sangat baik. Kelebihan lainnya terlihat dari tampilan fisiknya yang mengkilap dan mampu memberikan kesan mewah. Berkat spesifikasinya itu pelek ini kerap digunakan oleh mobil sedan atau mobil MPV.

Iron cast wheelSesuai dengan pemberian namanya, Iron Cast Wheel dibuat dari besi yang dicairkan lalu dicetak. Soal material, besi yang digunakan tentunya memiliki kualitas baik, sehingga pelek ini kuat menopang bobot kendaraan.

Desain pelek ini tampak stylish dan banyak varian, sehingga tidak mengherankan jika pelek satu ini banyak diincar di pasaran. Pelek jenis ini cukup populer dan kerap disebut pelek racing.

Press kalengJenis berikutnya biasanya banyak ditemukan pada mobil niaga, seperti truk atau mobil pick up. Hal ini karena pelek press kaleng memiliki bentuk yang rata dan hanya dihiasi dengan beberapa lubang kecil yang berfungsi sebagai ventilasi bak di sebuah bangunan.

Sedangkan kekuatannya tergantung dengan bahan pembuatnya. Rata-rata, moda transportasi seperti bus menggunakan besi lebih tebal, sedangkan kendaraan sekelas LCGC dibuat dari aluminium dan baja.

Spoke wheelPelek yang satu ini terlihat unik dibandingkan lainnya, karena bentuknya dihiasi dengan rangkaian rangka baja dan disusun sedemikian rupa pada beberapa sudutnya. Selain tampilan, spoke wheel juga diklaim kuat menopang tubuh kendaraan beserta dengan beban penumpangnya.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP