Netral English Netral Mandarin
19:45wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
Mau Jadi Anggota Band Kasidah Legendaris Nasida Ria, Ini Beberapa Persyaratannya!

Selasa, 07-September-2021 12:40

Ilustrasi band nasida ria
Foto : Kompasiana
Ilustrasi band nasida ria
24

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mencoba menjaga kualitas serta regenerasi band supaya terus eksis dipanggung hiburan sekaligus 'berdakwah'. Grup legendaris kasidahan modern Nasida Ria, tak hanya itu band asal Semarang Jawa Tengah itu mengajak bagi siapa saja mau ikut bergabung alias audisi.

Lewat akun resmi instagramnya @nasidariasemarang dilansir Jakarta, Selasa (7/9/2021). Pencarianlnya dibuka bagi umum buat semua kategori. Namun, tentunya dengan sejumlah persyaratan.

"Syarat ketentuan regenerasi Nasida Ria, pada postingannya tertulis. Pertama, perempuan. Kedua, suara bagus diutamakan bisa memikik kemampuan membaca Al-Quran atau Qiroah," tulisnya dalam storynya. Jakarta, Selasa (7/9/2021).

Kebanyakan persyaratan harus dalam memahami agama khususnya muslimah. Empat dekade membawakan lagu-lagu kasidah, Nasida Ria sudah eksis hingga empat dekade.

Uniknya, pada persyaratan terakhir. Latar belakang keluarga yatim piatu bisa jadi prioritas. Selain, keluarga tidak mampu.

"Persyaratan ketiga maksimal berusia 15 tahun, keempat bersedia tinggal di asrama khususnya Semarang. Kelima memiliki komitmen, konsisten dan loyal dengan grup. Keenam berakhlak karimah, ketujuh diutamakan keluarga tidak mampu dan yatim piatu," tulisnya.

Terakhir buat mengakhiri pengumuman, postingan itu membubuhkan nomor telepon sang General Manager Gus Choliq Zain.

Untuk diketahui, Diera digital, grup beranggotakan para perempuan ini terus bertahan melalui media sosial serta regenerasi demi berdakwah dan menjaga tradisi.

Mereka menyapa penggemar dan berbagi pengalaman selama bermusik dengan mengusung genre kasidah. Penampilan virtual dari studio Nasida Ria di Gunungpati, Semarang, khusus digelar untuk merayakan "45 Tahun Nasida Ria Berkarya". Seperti dilansir bbc Indonesia.

Grup musik kasidah yang beranggotakan 11 personel dari generasi satu hinga tiga masih eksis dan sanggup menembus batas dengan teknologi digital. Mereka adalah Rien Djamain (bass gitar), Afuwah (kendang), Nadhiroh (biola), Nurhayati (biola ), Sofiatun (keyboard), Hamidah (seruling), Nurjanah (gitar), Uswatun Hasanah (gitar), Titik Mukaromah (gitar), Siti Romnah (piano), Thowiyah (kendang ). Semua personelnya minimal menguasai tiga jenis alat musik dan vokal sehingga dapat saling bergantian ketika pentas. 

Reporter : PD Djuarno
Editor : Sulha Handayani