Netral English Netral Mandarin
20:51wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Megawati Dilantik Ketua Dewan BRIN, Ulil Sebut Sebagai Skandal Pengetahuan

Kamis, 14-Oktober-2021 09:49

Cendekiawan Muslim Ulil
Foto : Akun_twitter
Cendekiawan Muslim Ulil
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tokoh Muda Nadlatul Ulama, Ulil Absar Abdella mengatakan kalau pengangkatan tokoh politik menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi (BRIN) sebuah 'skandal pengetahuan'.

"Bagi saya, mengangkat Megawati sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN adakah "skandal pengetahuan" di Indonesia. Megawati adalah sosok politik, bukan sosok riset dan pengetahuan," tulis Gus Ulil sapaan akrabnya di Twitter, dikutip Kamis (14/10/2021).

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah jabatan Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Acara pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 13 Oktober 2021, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Pelantikan Dewan Pengarah BRIN dilakukan berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 45/M Tahun 2021 tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional. Adapun nama-nama para Dewan Pengarah BRIN yang dilantik tersebut adalah:

1. Dr. (H.C.) Megawati Soekarnoputri sebagai ketua;2. Menteri Keuangan sebagai wakil ketua;3. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional sebagai wakil ketua;4. Dr. (H.C.) Drs. Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto, S.H.,  sebagai sekretaris;5. Prof. Emil Salim, M.A., Ph.D., sebagai anggota;6. Prof. Ir. I Gede Wenten, M.Sc., Ph.D., sebagai anggota;7. Bambang Kesowo, S.H., LL.M., sebagai anggota;8. Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc., MPH, Ph.D., sebagai anggota;9. Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo, IPU, sebagai anggota;10. Ir. Tri Mumpuni sebagai anggota.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan kepada nama-nama tersebut.

Selanjutnya, Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional ini akan mengemban tugas selama lima tahun sejak dilantik. Acara pelantikan kemudian diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo untuk kemudian diikuti oleh sejumlah tamu undangan terbatas lainnya.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Laksana Tri Handoko. 

Reporter : PD Djuarno
Editor : Sesmawati