Netral English Netral Mandarin
03:58wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Melongok Ragam dan Asal Muasal Batik yang Hanya Ada di Museum Ini

Selasa, 12-Oktober-2021 12:30

Museum Danar Hadi di Solo.
Foto : Dispar Solo
Museum Danar Hadi di Solo.
19

SOLO, NETRALNEWS.COM - Pernahkah terpintas dalam benak Anda, bagaimana awal dan asa muasal batik itu dibuat dari zaman nenek moyang kita hingga menjadi warisan dunia?.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengaku takjub dengan koleksi-koleksi yang dimiliki oleh museum yang telah berdiri sejak 1967 itu. "Saya sangat kagum dan ini merupakan kesan yang sangat mendalam, di mana kita melihat wisata berbasis heritage yaitu batik," kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan, batik merupakan warisan budaya dan kearifan lokal nasional yang patut dilestarikan dalam upaya membangkitkan perekonomian nasional, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Terlebih, grup Danar Hadi memiliki sekitar 2000 orang pekerja yang sangat bergantung kepada keberlangsungan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Sebanyak 2000 pekerja ini sangat bergantung kepada alur wisatawan dan Kota Solo ini adalah salah satu kota yang mengandalkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya. Sehingga, Sandiaga pun mendorong penerapan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin serta pemanfaatan aplikasi "PeduliLindungi" di lokasi Museum Batik Danar Hadi.

"Kita ingin selamatkan lapangan kerja dan melestarikan batik dan kita juga ingin museum batik ini menjadi pilihan utama bagi wisatawan di masa pandemi dan pascapandemi. Nanti kita akan install QR-Code PeduliLindungi di sini sehingga semuanya terintegrasi," ujar Sandiaga, Senin, (11/10/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Dewanto Kusuma Wibowo selaku perwakilan dari Batik Danar Hadi mengapresiasi kunjungan Menparekraf Sandiaga ke Museum Batik Danar Hadi. Ia juga berharap agar pandemi COVID-19 segera berakhir.

"Mudah-mudahan pandemi segera berakhir, Indonesia segera sembuh lagi, dan kita semua tetap berjaya," ungkap Dewanto.

Museum Batik Danar Hadi sendiri memiliki koleksi sekitar 1000 helai kain batik dari berbagai daerah. Selain itu museum ini juga dinobatkan oleh Museum Rekor Indonesia sebagai salah satu museum dengan koleksi terbanyak di Indonesia.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P