Netral English Netral Mandarin
06:05wib
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan melaporkan Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan pencemaran nama baik. Bupati Kolaka Timur (Koltim) Andi Merya terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK.
Membuat Asida, Kudapan Penuh Cita Rasa Rempah Khas Maluku

Selasa, 20-April-2021 19:50

Kue Asida khas Maluku.
Foto : Inimakanan
Kue Asida khas Maluku.
21

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Asida merupakan makanan tradisional dari Maluku yang mudah dijumpai saat bulan Ramadan. Makanan ini terbuat dari tepung terigu, gula merah, kapulaga, daun pandan dan kayu manis. Tekstur Asida kenyal layaknya dodol.

Asida sebetulnya merupakan kue khas Arab. Namun, bagi warga Ambon, makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi di lidah mereka. Bahkan, Asida sendiri telah menjadi camilan favorit di bulan Ramadan. Tak hanya itu, di bagian atasnya, kue ini dilumuri dengan mentega cair yang rasanya gurih.

Dilansir dari Coretanzone, inilah cara membuat Asidabahan-bahannya

  • tepung terigu,
  • gula merah / gula aren,
  • gula pasir,
  • Kapulaga
  • daun pandan
  • kayu manis
  • mentega,
  • air putih.

Cara membuat

1. Pertama yang perlu anda siapkan adalah wajan kuali yang besarnya sesuai dengan jumlah bahan yang anda beli  (di Maluku biasanya menggunakan kuali timah yang tebal), kemudian masak gula merah dengan air. Setelah gulanya cair dengan merata dinginkan. Air dan gula merah anda dapat mengukur sesuai dengan yang Anda inginkan, atau dalam resep mama air yang digunakan satu gayung setengah dan gula merah bulat dua buah. Agar enak jangan gunakan gula merah yang ada dalam bungusan kertas tetapi gula aren.

2. Setelah dingin campurkan gula merah cair dengan gula pasir, kapulaga, daun pandan, kayu manis, aduk hingga merata. Sesuaikan dengan selera, jika ingin kuenya manis maka gunakan gula pasir agak banyak, namun jika ingin tidak terlalu manis, maka gunakan gula secukupnya.

3. Langkah selanjutnya, campurkan tepung terigu dengan gula cair yang telah Anda buat tadi. Jika ingin kue asidahnya kering maka buat buat adonan menjadi kental, namun jika kue asidanya lembek maka, buat adonan agak cair.

4. Letakkan wajan kuali di atas komfor dengan panas api sedang. Lelehkan mentega di atas seluruh permukaan wajan kuali. Jika kuali sudah panas, masukkan adonan yang telah anda buat ke dalam kuali. Aduk terus secara merata, apabila kuali mulai kering dan adonan mulai melengket di kuali maka, oleskan mentega di atas wajan dan di atas adonan. Lakukan hal ini secara terus menerus hingga kue asidah matang.

Ada sebagian orang memasak asidah dengan menggunakan santan, ada sebagian yang hanya menggunakan mentega. Pada dasarnya keduanya sama saja, karena sama-sama mengandung lemak yang tinggi.

Untuk mendapatkan cita rasa yang tinggi, kue asidah dapat disajikan dengan menambahkan lelehan mentega dan campuran gula pasir dan kayu manis halus di atasnya.

 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani