Netral English Netral Mandarin
13:40wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 optimistis target capaian program vaksinasi virus corona di Indonesia akan rampung sesuai target awal pemerintah yakni pada Desember 2021. Kasus COVID-19 meningkat drastis selama seminggu terakhir. Rumah sakit hingga Wisma Atlet melaporkan bed occupancy rate yang terus meningkat.
Membuat Kolak Labu Kuning Tanpa ‘Benyek’

Rabu, 14-April-2021 10:30

Kolak Labu hidangan buka puasa.
Foto : Resep
Kolak Labu hidangan buka puasa.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Salah satu menu andalan buka puasa adalah kolak. Namun, kadang bosan dengan isi kolak yang kurang variatif. Anda bisa memilih kolak labu kuning.

Namun, membuat kolak labu kuning punya cara tersendiri agar labu tidak kelembekan alias benyek.

Dilansir dari resepkurenyah, proses pembuatan kolak labu kuning pada dasarnya memang hampir sama dengan cara membuat kolak pada umumnya. Namun saran kami, untuk membuat kolak labu kuning atau dalam bahasa jawa disebut waluh, cari yang usianya lebih tua.

Tak lupa juga menyediakan pisang agar sensasi rasanya tidak monoton.

Bahan yang diperlukan

  • Labu kuning 1 buah (yang sudah tua)
  • Pisang kepok 5 buah (potong sesuai keinginan)
  • Kolang-kaling 200 gram (rebus dahulu lalu disisihkan)
  • Gula merah 300 gram, disisir halus
  • Vanili bubuk 1/2 sendok teh
  • Garam halus 1 sendok teh
  • Santan kelapa 2 liter (dari 1 butir kelapa parut yang diperas)

Cara membuat

  1. Bersihkan terlebih dahulu labu kuning dengan mengupas kulitnya hingga bersih.Kemudian potong labu kuning yang telah dibersihkan sesuai dengan keinginan Anda.
  2. Selanjutnya cuci dengan menggunakan air bersih hingga benar-benar bersih lalu tiriskan dahulu, kemudian disisihkan.
  3. Ambil panci lalu masukkan santan kelapa, gula pasir, garam dapur serta vanili bubuk sambil diaduk hingga rata dan rebus sampai bahan larut dan masak terus sampai mendidih.
  4. Berikutnya tambahkan labu kuning yang telah di potong-potong sambil dimasak terus hingga labu kuning setengah matang.
  5. Kemudian masukkan pula potongan buah pisang dan kolang-kaling sambil diaduk hingga tercampur rata.Masak terus hingga mendidih dan bahan matang sempurna.Selesai dan siap untuk dihidangkan.

 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani