Netral English Netral Mandarin
03:21wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Membuat Wedang Jahe Antimainstream Tapi Menyehatkan

Minggu, 25-Juli-2021 14:00

Konsumsi wedang jahe untuk tingkatkan imun.
Foto : Herbalis
Konsumsi wedang jahe untuk tingkatkan imun.
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Saat ini begitu banyak yang menawarkan minuman wedang jahe dalam kemasan. Seperti diketahui, jahe selama pandemi banyak dikonsumsi masyarakat sekadar meningkatkan daya tahan tubuh, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Namun, sebenarnya Anda bisa membuat sendiri wedang jahe yang berbeda dari kebanyakan ditawarkan para penjual.Bukan hanya berbahan jahe dan gula merah, variasikan menjadi minuman hangat atau dingin yang lebih unik dan kaya rasa. 

Sebagai negeri yang kaya dengan rempah-rempah termasuk jahe, membuat minuman hangat atau dingin dari rempah di rumah bukan cuma mudah tetapi juga tentu lebih ekonomis.

Tanaman rimpang ini ada 2 jenis, yaitu jahe kuning dan jahe merah. Segudang manfaat jahe dipercata telah diketahui masyarakat Indonesia, mulai dari melancarkan sistem pencernaan, hingga sifat anti-inflamatori mencegah terjadinya peradangan serta meningkatkan imunitas tubuh.

Tidak heran jika jahe menjadi rempah yang dicari banyak orang untuk diolah menjadi minuman yang mampu menjaga imun tubuh di tengah penyebaran virus yang sangat mudah masuk ke dalam tubuh terutama disaat kondisi sedang tidak fit.

Salah satu olahan jahe yang populer adalah Wedang Jahe. Berasal dari bahasa Jawa yaitu wedang jahe yang berarti minuman yang terbuat dari seduhan jahe. Sebagai warisan nenek moyang, minuman ini terasa hangat dan sedikit pedas. 

Proses pembuatannya cukup mudah, yaitu dengan membakar dan memarkan jahe, kemudian diseduh dengan air panas. Beragam pemanis seperti gula aren, gula pasir, gula batu, hingga madu bisa ditambahkan untuk memberi rasa manis.

Dilansir dari masak apa hari  ini,  berikut cara membuat wedang jahe yang berbeda:

Cara membuat

Wedang Jahe Teh: 

Didihkan air. 

Masukkan jahe merah, 

masak di atas api kecil hingga meresap selama sekitar 30 menit. angkat.  

Celupkan teh, diamkan selama 10 menit. Masukkan madu, aduk rata. Saring dan tuang ke gelas saji.

Wedang Jahe Jeruk:

Panaskan air dengan jahe di atas api kecil hingga meresap ±15-20 menit, angkat. 

Tuang ke dalam gelas saji, sajikan dengan bunga lawang.

Wedang Jahe Susu: 

Masak air, jahe, dan gula hingga mendidih dan meresap di atas api kecil selama ±15-20 menit, angkat. 

Tuang teh aduk rata. 

Saring dan tuang ke dalam gelas saji.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati