Netral English Netral Mandarin
03:04wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan hanya membuka akses enam pintu masuk kedatangan perjalanan internasional untuk WNI. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan ada kemungkinan turis mancanegara bisa kembali mengunjungi Indonesia pada 2022 mendatang.
Memiliki Fungsi sebagai Perawatan Anti Aging, Inilah Manfaat Tanaman Pegagan

Rabu, 09-Juni-2021 14:30

Daun rebusan pegagan mampu atasi anti aging.
Foto : Klikdokter
Daun rebusan pegagan mampu atasi anti aging.
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pernah mendengar daun pegagan? Daunnya yang hijau pekat sangat mudah tumbuh hanya dengan wadah air.

Ternyata tanaman pagagan yang dengan mudah ditemukan ini memiliki banyak khasiat untuk kulit dan kecantikan wajah. 

Para ahli di University of Maryland Medical Center menyatakan bahwa meski herbal ini aman, Anda sebaiknya tidak menggunakannya selama lebih dari enam minggu tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dilansir dari berbagia sumber termasuk halodokter, inilah khasiat tananam Pegagan.

Baca Juga :

1. Mempercepat penyembuhan luka

Daun pegagan mengandung zat kimia yang dikenal dengan nama triterpenoid. Zat ini bermanfaat untuk mempercepat perawatan luka dengan cara meningkatkan kadar antioksidan, memperkuat jaringan kulit, dan meningkatkan suplai darah ke area luka.

Baca Juga :

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Lower Extremity Wounds menemukan fakta bahwa luka pada tikus yang diobati dengan ekstrak daun pegagan dapat sembuh lebih cepat dibandingkan dengan luka yang tidak diobati.

Selain itu, penelitian lain yang diterbitkan di Minerva Chirurgica juga menemukan bukti bahwa Centella asiatica mampu mengurangi jaringan parut bedah setelah diberikan dalam bentuk dosis oral.

Baca Juga :

Bahkan, studi lain pun menyebutkan bahwa herbal yang satu ini juga dapat membantu menyembuhkan luka bakar dan menurunkan risiko infeksi luka.

2. Sebagai perawatan anti-aging

Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, Centella asiatica dapat meningkatkan pembentukan kolagen di dalam tubuh. Kolagen adalah protein penting yang menyokong jaringan kulit.

Seiring dengan pertambahan usia, produksi kolagen di dalam tubuh akan berkurang. Padahal, protein yang satu ini berperan sebagai fondasi utama kulit agar tetap elastis. Tanpa kolagen yang cukup, kulit akan lebih rentan mengalami kerusakan.

Inilah alasan mengapa Centella asiatica menjadi salah satu zat aktif yang tidak pernah absen dari produk anti-aging. Penggunaan pegagan, baik dalam bentuk suplemen maupun produk skin care, bisa membantu kulit Anda agar menjadi lebih elastis.

3. Memudarkan stretch mark

Dikutip dari penelitian dalam jurnal Advances in Dermatology and Allergology, daun pegagan dapat mengurangi tampilan stretch mark. Manfaat ini berasal dari kandungan triterpenoid yang mampu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

Selain itu, triterpenoid dalam Centella asiatica juga tidak hanya menyamarkan stretch mark yang sudah ada, tapi juga mencegah terbentuknya stretch mark baru.

Anda bisa menggunakan berbagai krim oles yang mengandung ekstrak pegagan pada daerah yang memiliki stretch mark. Namun, usahakan untuk melakukan tes kulit terlebih dahulu untuk menghindari reaksi negatif yang mungkin muncul.

Caranya dengan mengoleskan krim ke lengan bawah Anda dan mendiamkannya selama 24 jam. Jika daerah kulit yang dioles tidak mengalami iritasi atau peradangan, tandanya krim ini aman untuk digunakan di daerah kulit lainnya.

4. Membantu pengobatan masalah kulit

Selain triterpenoid, daun pegagan juga mengandung zat aktif lain seperti pentacyclic triterpenes, asiaticoside, asiatic acid, dan masih banyak lagi. Zat-zat ini telah sejak lama terbukti membantu pemulihan kulit akibat psoriasis dan skleroderma.

Daun Pegagan merangsang pembelahan sel kulit sehat dan pembentukan jaringan yang menghubungkan sel-sel kulit. Berkat manfaat ini, kulit terlindung dari kerusakan akibat sinar matahari, selulit, dan jaringan parut.

Centella asiatica, atau juga dikenal sebagai daun pegagan, adalah tanaman herbal yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk mengobati beragam masalah kesehatan. Centella asiatica juga punya manfaat untuk kulit.

Ekstrak daun pegagan umumnya ditemukan dalam bentuk krim, produk serum, atau ampoule yang dioleskan langsung pada kulit. Bahan aktif ini menembus ke dalam lapisan kulit dan bekerja langsung pada sel-selnya untuk mengatasi masalah kulit Anda.

Centella asiatica adalah daun hijau berbentuk kipas yang biasanya ditanam dan digunakan untuk tujuan pengobatan. Selain dikenal sebagai pegagan, tanaman yang satu ini juga memiliki nama lain Gotu Kola.

Herbal yang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan India ini mempunyai banyak kegunaan untuk kesehatan, seperti meningkatkan mood, menambah daya ingat, menurunkan kadar gula darah, dan mengobati penyakit pada kulit.

 

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P