3
Netral English Netral Mandarin
09:45 wib
Partai Demokrat memecat sejumlah kader yang dianggap terlibat dan mendukung gerakan pengambilalihan kepemimpinan partai atau kudeta. Pertumbuhan jumlah orang kaya raya atau crazy rich di Indonesia diproyeksi bakal melampaui China seiring dengan proses distribusi vaksin Covid-19 dilakukan.
Menag Ingin Jadikan Borobudur Rumah Ibadah Umat Buddha Dunia, DS: Ini Asli Keren, Netizen Malah Bilang Begini

Jumat, 29-January-2021 18:20

Candi Borobudur
Foto :
Candi Borobudur
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas berharap situs Candi Borobudur, tidak hanya menjadi destinasi wisata tapi juga menjadi rumah ibadah umat Buddha di dunia.

Borobudur merupakan kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia yang terletak Magelang, Jawa Tengah.

Harapan itu disampaikan Gus Yaqut saat berdiskusi dengan Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Buddha Kementerian Agama Caliadi di rumah dinas Menag, kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan. Diskusi dilakukan kemarin, Kamis (28/1/2021).

"Kita berharap segenap ormas keagamaan dan majelis Buddha bersatu padu dalam mewujudkan Borobudur sebagai sentral rumah ibadah umat Buddha dunia. Misalnya dalam perayaan Waisak dan perayaan keagamaan lainnya," ujar Gus Yaqut dalam siaran pers di situs Kemenag seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, Jumat (29/1/2021).

Terkait harapan Menag tersebut, Pegiat Media Sosial Denny Siregar (DS) angkat bicara. Denny merasa gembira dengan keinginan sang Menteri untuk menjadikan Borobudur sebagai rumah ibadah umat Buddha di dunia.

"Ini asli keren !," tulis Denny di akun Twitternya, Jumat (29/1/2021).

Cuitan Denny pun direspon berbagai komentar pro dan kontra oleh netizen. Berikut komentar netizen seperti yang terpantau netralnews.com, Jumat (29/1/2021).

@Maspunk8686: Cuzz...Gus...segralah ngobrol sm Mas Ganjar...oya kalo bisa ajak juga si Bro ini asal ada kopi pasti budalll..

@eriemrn: Jd tujuan wisata religi juga. Ini baru Menteri Agama bagi semua pemeluk agama di Indonesia. Gak cm nurutin maunya salah satu kelompok doank.

@Heinkle1: Dari sisi ekonomi:Minimal kehidupan masyarakat sekitar Candi Borobudur akan meningkat kualitasnya.Siap-siap harga lahan akan naik.Dari sisi agama:Semoga tidak menjadi GAMA (A-nya simpan dulu).

@francsalvatore: Ini baru menag! Bukan kaleng2!

@sen_zens: Kalo nantinya umat Buddha diseluruh dunia bisa merayakan Waisak di Borobudur, dan menjadikan agenda tahunan, ini akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia, dan tentu akan mendatang devisa bg negara.

@jufarki: Inisiatif yg luar biasa... Akan memberikan dampak yg baik bagi Indonesia dimata dunia. Pariwisata kita akan semakin berkembang. 

Reporter : Sesmawati
Editor : Sesmawati