Netral English Netral Mandarin
16:10wib
LSI Denny JA menilai, PDI Perjuangan berpotensi akan mengalami kekalahan jika mengusung Ketua DPR Puan Maharani sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia menegaskan fasilitas kesehatan di Indonesia bisa tumbang dalam 2-4 minggu jika pengendalian pandemi tidak diperketat.
Mendag Lutfi Gandeng Facebook Pacu Kemampuan Digital UMKM Lewat Cara Ini

Rabu, 21-April-2021 15:50

M Lutfi, Menteri Perdagangan.
Foto : Kemendag
M Lutfi, Menteri Perdagangan.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM– Kementerian Perdagangan dan Facebook di Indonesia kembali berkolaborasi yang bertujuan untuk mempercepat transformasi dan kemampuan digital para pelaku UMKM. Kegiatan ini digelar mulai 22 April hingga 31 Desember 2021.

Diyakini, penggunaan teknologi digital oleh pelaku UMKM dapat membuka peluang untuk terus mengembangkan usaha mereka dan juga merambah pasar baru, baik domestik maupun mancanegara.

“Kolaborasi ini untuk mendukung para pelaku UMKM memanfaatkan teknologi digital sebagai platform utama kegiatan bisnis mereka, terlebih untuk menembus pasar ekspor. Meski pandemi Covid-19 masih berlangsung, UMKM diharapkan bertahan dan berkembang,” kata Muhammad Lutfi, Menteri Perdagangan dalam siaran pers, Rabu (21/4/2021).

Lutfi menjelaskan, salah satu aktivitas dalam kolaborasi ini adalah edukasi konsumen dan pemilik usaha untuk menciptakan interaksi bisnis yang baik dan aman di tengah pandemi Covid-19 yang telah berdampak buruk bagi dunia usaha.

Para kreator konten dan pelaku UMKM yang ada di Facebook dan Instagram juga akan dilibatkan dalam acara ini.

Kepala Kebijakan Publik untuk Facebook di Indonesia Ruben Hattari mengungkapkan, sebuah survei Facebook mengenai kondisi UMKM di Indonesia di awal 2021 menunjukkan, 84 persen UMKM Indonesia yang aktif di Facebook kerap mengikuti berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan pendapatan pelaku UMKM.

Kampanye #TumbuhdiFacebook ini akan menggelar berbagai kegiatan. Pertama, seri pelatihan virtual guna optimalisasi penggunaan media sosial untuk Kemendag dan Atase Perdagangan. 

Kedua, pelatihan UMKM Go Digital dan Go Global yang meliputi seri pelatihan digitalisasi bisnis WhatsApp Go Digital and Scale Up; pelatihan dan bincang UMKM untuk wirausaha perempuan melalui program #SheMeansBusiness untuk menyasar pangsa ekspor; dan katalog WhatsApp untuk promosikan UMKM lokal kepada konsumen.

Ketiga, kampanye #AmanBelanjaOnline yang meliputi berbagi tips bagi konsumen untuk mendapatkan pengalaman berbelanja daring secara aman, serta langkah yang dapat diambil jika mengalami penipuan melalui program Instamarket; rangkaian konten edukasi keamanan belanja daring untuk konsumen dan pemilik bisnis oleh para kreator Facebook dan Instagram; kerja sama Kemendag dan Facebook untuk mempermudah akses pelaporan langsung bagi Kemendag terkait profil atau postingan yang terindikasi melakukan penipuan, menjual barang ilegal, dan melanggar peraturan perdagangan lainnya secara lebih teliti.

Terakhir, seri bincang virtual yang meliputi program FB Minister Live bersama Menteri Perdagangan, program seri “#NgobrolDagang” bersama dengan Kemendag dan Facebook, dan seri bincangbincang di siniar (podcast) #NyamandiSosmed. 

Reporter :
Editor : Irawan HP