3
Netral English Netral Mandarin
21:53 wib
Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Bali United dalam laga uji coba yang akan berlangsung hari ini. Pemerintah masih menganggap persoalan di tubuh Partai Demokrat yang berujung pada Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang merupakan persoalan internal partai.
TZ Minta Mendikbud Cek Masihkah Siswa Non-Kristen di Sekolah Kristen Harus Ikut Pelajaran Agama Kristen

Minggu, 24-January-2021 22:45

Ustaz Tengku Zulkarnain.
Foto : Istimewa
Ustaz Tengku Zulkarnain.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Tokoh oposisi Tengku Zulkarnain balik mempertanyakan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang melarang adanya aturan mengenakan seragam agama tertentu di sekolah.

Pernyataan Mendikbud ini merespon kasus pengaduan seoang wali murid yang anaknya yang bersekolah di SMA Negeri 2 Padang, disebut diminta mengenakan kerudung oleh pihak sekolah.

Nadiem Makarim menekankan bahwa aturan dalam berseragam sekolah harus dapat menghormati agama dan kepercayaan masing-masing.

Namun menurut Tengku Zul, Menteri Nadiem sebaiknya juga mengecek ke sekolah Kristen apakah masih ada yang mewajibkan siswa siswi yang non Kristen untuk belajar agama Kristen di sekolah.

 “Yang perlu pak Mendiknas periksa apakah masih ada Sekolah Kristen yang mewajibkan siswa siswi mereka yang non Kristen untuk belajar agama Kristen di Sekolah mereka seperti di tahun 1980an dulu.

Itu dicek benar benar soalnya melanggar UU Pendidikan pasal 12a.

Silakan cek pak...” tulis Tengku Zul di akun Twitternya, Minggu (24/1/2021).

Sebelumnya, Nadiem Makarim menekankan bahwa aturan dalam berseragam sekolah harus dapat menghormati agama dan kepercayaan masing-masing.

Menurut Nadiem Makarim, aturan tersebut telah tertuang dalam Pasal 3 ayat 4 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 45 Tahun 2014 tentang Pakaian Seragam Sekolah Peserta Didik.

"Pasal 3 ayat 4 Permendikbud Nomor 45 Tahun 2014 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah bahwa pakaian seragam khas sekolah diatur oleh masing-masing sekolah,” terang Mendikbud Nadiem dalam unggahan Instagram @nadiemmakarim, Minggu (24/1).

“Dengan tetap memperhatikan hak setiap warga negara untuk menjalankan keyakinan agamanya masing-masing," lanjutnya.

Mendikbud Nadiem menuturkan bahwa sekolah tidak boleh membuat peraturan atau imbauan kepada peserta didik dengan menggunakan kekhususan agama tertentu.

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP