Netral English Netral Mandarin
11:02wib
Sejumlah Guru Besar meminta Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memeriksa Firli Bahuri Cs. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berkelakar bakal menjadi tim sukses Sandiaga Uno pada pemilihan presiden 2024 mendatang.
Mengejutkan, Ini 10 Manfaat Melon Bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui

Minggu, 02-Mei-2021 16:30

Konsumsi melon dan rasakan khasiatnya.
Foto : Fruits
Konsumsi melon dan rasakan khasiatnya.
5

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Apakah Anda penggemar buah melon? Buah bulat dengan daging manis dan berair yang satu ini sepertinya memiliki banyak penggemar. 

Tapi jangan salah, buah melon tidak hanya enak untuk dimakan tetapi banyak juga manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu jangan ragu jadikan melon sebagai buah untuk stok di kulkas rumah Anda. 

Berikut ini 10 manfaat dari buah melon bagi kesehatan, seperti dilansir dari laman healthline, Minggu (2/5/2021):

1. Kaya Nutrisi 

Baca Juga :

Profil nutrisi melon yang beragam bisa dibilang merupakan aset yang paling berharga. Satu porsi melon sebanyak 1 cangkir atau 177 gram mengandung: Kalori: 64 gram; Karbohidrat: 16 gram; Serat: 1,4 gram; Protein: 1 gram; Lemak: 0 gram. 

Vitamin C: 53?ri referensi asupan harian (RDI); Vitamin B6: 8?ri RDI; Folat: 8?ri RDI; Vitamin K: 6?ri RDI; Kalium: 12?ri RDI; Magnesium: 4?ri RDI. 

Selain itu, buah dan bijinya juga mengandung senyawa dengan kapasitas antioksidan yang kuat, di antaranya beta-karoten (pro-vitamin A), phytoene, quercetin, dan asam caffeic.

2. Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah 

Secara umum, diet kaya buah dan sayuran dikaitkan dengan penurunan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Lebih khusus lagi, terbukti bahwa diet rendah natrium dan asupan kalium yang cukup dapat memengaruhi regulasi tekanan darah Anda secara positif. 

Melon adalah buah yang rendah natrium dan kaya kalium, melon dapat membantu Anda menjaga tingkat tekanan darah yang sehat. Jika Anda ingin meningkatkan asupan kalium, coba tambahkan melon ke dalam makanan Anda. 

3. Mengandung Nutrisi Penting untuk Kesehatan Tulang 

Melon mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk memperbaiki dan memelihara tulang yang kuat, termasuk folat, vitamin K, dan magnesium. Secara khusus, melon adalah sumber folat yang baik. Folat sangat penting untuk pemecahan homosistein, yakni peningkatan kadar yang telah dikaitkan dengan penurunan kepadatan mineral tulang dari waktu ke waktu.

Vitamin K terlibat dalam produksi protein struktural utama di tulang yang dikenal sebagai osteocalcin. Oleh karena itu, asupan vitamin K yang cukup sangat penting untuk kesehatan tulang. 

4. Dapat Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan buah-buahan, seperti melon, secara teratur dapat meningkatkan kadar gula darah yang sehat. Sebuah studi tujuh tahun baru-baru ini pada setengah juta orang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi buah segar setiap hari 12% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes, dibandingkan dengan mereka yang jarang makan buah. 

Pada peserta yang sudah menderita diabetes pada awal penelitian, makan buah setidaknya tiga kali seminggu menyebabkan risiko komplikasi kesehatan terkait diabetes 13-28% lebih rendah selain risiko kematian dini 17% lebih rendah.

Meskipun melon mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan gula darah Anda untuk sementara waktu, melon juga menyediakan serat dan nutrisi lain yang dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah dari waktu ke waktu.

5. Kaya Elektrolit dan Air 

Ketika Anda memikirkan hidrasi, hal pertama yang mungkin terlintas dalam pikiran Anda adalah air. Namun, untuk menghidrasi secara efektif dan benar, tubuh Anda membutuhkan lebih dari itu, dia juga membutuhkan elektrolit.

Melon diketahui mengandung sekitar 90% air dan mengandung elektrolit, seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium. Kombinasi air dan nutrisi ini membuat melon baik untuk dikonsumsi.

6. Dapat Mendukung Kulit Sehat 

Makan melon dapat mendukung kesehatan kulit karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Asupan vitamin C yang cukup sangat penting untuk produksi kolagen yang tepat, protein struktural utama yang penting untuk memperbaiki dan memelihara jaringan kulit Anda.

Selain itu, karena vitamin C adalah antioksidan yang kuat, beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Melon adalah sumber vitamin C yang sangat baik dan cara mudah untuk memenuhi kebutuhan harian Anda dengan cepat, serta mempromosikan kulit yang sehat dalam prosesnya.

7. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C bisa dibilang paling dikenal karena perannya dalam mendukung fungsi kekebalan, dan melon sarat dengannya. Sistem kekebalan manusia itu kompleks dan membutuhkan beragam nutrisi agar berfungsi dengan baik, vitamin C adalah komponen penting.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang cukup dapat mencegah dan mengobati berbagai infeksi pernapasan dan sistemik, seperti pneumonia dan flu biasa. 

8. Baik untuk Pencernaan

Melon mengandung serat, nutrisi yang terkenal untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Asupan serat makanan yang cukup memperlambat respons gula darah dan meningkatkan keteraturan usus dan pertumbuhan bakteri usus yang sehat.

Meskipun banyak buah lain mengandung lebih banyak serat per porsi, melon masih dapat berkontribusi pada asupan serat harian Anda. Faktanya, bagi beberapa orang dengan gangguan pencernaan tertentu atau mereka yang baru saja memasukkan atau memperkenalkan kembali serat ke dalam makanan mereka, buah berserat rendah seperti melon mungkin lebih dapat ditoleransi daripada makanan berserat tinggi lainnya.

9. Dapat Mendukung Penglihatan dan Kesehatan Mata

Melon mengandung dua antioksidan kuat: lutein dan zeaxanthin. Senyawa karotenoid ini terkenal untuk mendukung kesehatan mata dan mencegah perkembangan kehilangan penglihatan terkait usia.

Penelitian menunjukkan bahwa makan makanan yang mengandung antioksidan ini secara teratur, seperti melon, dapat mendukung fungsi mata yang tepat sepanjang hidup Anda.

10. Menu Diet

Masukkan melon ke dalam menu diet Anda. Melon mudah didapatkan dan harganya juga terjangkau. 

Anda bisa menjadikan melon sebagai tambahan dalam makanan salad, jus, untuk makanan pembuka, diolah menjadi berbagai dessert. Konsumsi melon sebagai buah yang segar juga praktis dan tetap berkhasiat. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani