Netral English Netral Mandarin
banner paskah
03:36wib
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyetujui penggunaan izin darurat (emergency use authorization/EUA) vaksin Covid-19 Sinopharm dengan efikasi 78,1 persen. Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa mudik Lebaran 2021, baik itu jarak jauh maupun jarak dekat, tetap ditiadakan.
Mengenal Berbagai Macam Tipe Ban Mobil dan Kegunaannya

Selasa, 27-April-2021 23:35

Kenali tipe ban mobil dan kegunaannya.
Foto : Daihatsu
Kenali tipe ban mobil dan kegunaannya.
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Ban mobil adalah salah satu komponen fast moving yang rutin diganti. Tahukah Anda  bahwa jenis-jenis ban mobil itu ada berbagai tipe? Masing-masing tipe dibuat khusus untuk mobil tertentu atau permukaan jalan khusus. 

Misalnya, mobil yang dipakai untuk sehari-hari memiliki ban berbeda dari mobil untuk balap atau off-road. Hal ini karena fungsi dua mobil tersebut pun berbeda. Supaya lebih memahaminya, berikut jenis-jenis ban mobil sesuai fungsi dan tipenya seperti dilansir dari laman resmi Auto 2000;

Ban bias

Jenis ban mobil bias adalah tipe yang paling banyak dipakai. Terbuat dari banyak lembar cord yang digunakan untuk rangka ban, jenis ban bias memiliki panas yang terpusat di bagian tengah. Ini karena ban tertekan ke arah depan dan belakang saat sudah bersentuhan dengan jalanan. 

Comfort tire 

Comfort tire adalah ban dengan karet tebal dan celah alur rapat. Seperti namanya, tujuan ban ini adalah untuk mengutamakan kenyamanan Anda saat berkendara dengan mobil Anda. Di lain sisi, ban yang cenderung tebal ini juga bisa mempercepat aliran udara di atas permukaannya. 

Ban radial

Jenis ban mobil radial memiliki ciri mencolok, yaitu lapisan seratnya yang menyilang pada lingkar ban. Ban radial ini biasa dipakai untuk mobil tipe penumpang dan truk ringan saja. Tidak dipakai untuk kendaraan berat seperti tronton karena tidak akan kuat menahan beratnya. 

Performance tire

Performance tire adalah jenis ban mobil yang dipakai untuk mengoptimalkan performa. Ban ini dirancang untuk menjaga kendali mobil tetap akurat. Ban jenis ini bahkan biasanya memiliki alur yang sedikit untuk keperluan balap di trek aspal kering.

Spare tire 

Spare tire adalah ban cadangan atau serep. Berdasarkan ukuran, ban serep ini dibagi menjadi dua, yaitu temporary space saver dan full-size. Jenis spare tire pertama adalah ban khusus dengan pelek berbeda dan hanya diperbolehkan melaju dengan kecepatan maksimal 50 km/jam. Sedangkan jenis kedua adalah ban dengan pelek yang sama seperti standar bawaan mobil. 

Ban tubeless

Nama ban tubeless pastinya sudah kerap Anda dengar. Namun, apakah Anda sudah mengetahui maksudnya? Ban tubeless adalah jenis ban yang banyak digunakan mobil saat ini. Dirancang khusus agar dapat menahan udara tanpa menggunakan ban dalam, tipe tubeless memiliki lapisan dalam untuk menghindari kebocoran udara. Lapisan dalam ini pun mampu mencegah ban langsung kempis saat tertusuk benda tajam. 

Off-road tire

Melihat dari namanya, pastinya Anda tahu apa kegunaan off-road tire. Ya, jenis ban mobil ini biasa digunakan pada mobil yang kerap melibas medan non-aspal. Ada dua macam off-road tire, yaitu all-terrain tire yang bisa melintas di jalan off-road maupun jalan biasa, serta mountain terrain tire untuk jalanan berpasir dan berlumpur. Model mountain terrain tire memiliki alur lebih menonjol dengan celah banyak grip daripada all-terrain fire.

Ban RFT 

Run Flat Tire (RFT) adalah jenis ban mobil yang tetap dapat dipakai meski keadaannya dalam tekanan angin 0. Ini berarti RFT dapat berjalan dengan aman meski kondisinya kempis atau tanpa angin. Tentu saja ini menjadi keunggulan sendiri, sebab ban konvensional lainnya akan tercabik-cabik bila kondisinya kempes namun perjalanan tetap dilanjutkan. Anda bisa berkendara dalam kecepatan 80 km/jam dengan RFT tanpa angin. 

Eco tire

Terakhir ada eco-tire yang diproduksi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Jenis ban satu ini dirancang dengan memiliki lapisan silika agar grip atau cengkeraman ke jalan menjadi jauh lebih baik. Lapisan silika mampu membuat rolling resistance berkurang sehingga Anda tidak butuh banyak bahan bakar. 

Tiap jenis ban mobil pastinya memiliki fungsi dan keunggulan masing-masing. hal itu tentunya harus diketahui cara baca ukuran ban mpbil. Tentunya kegunaan tiap ban ini harus disesuaikan dengan jenis kendaraan. 

Misalnya, ban untuk off-road memang bisa melibas medan terjal, namun bukan berarti Anda bisa memasangnya di mobil untuk penggunaan sehari-hari di jalan raya. 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani