Netral English Netral Mandarin
09:41wib
Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) mengaku sudah menyelesaikan 24 masalah yang tertunda ke Badan Anti Doping Dunia (WADA). Pemerintah berencana memberikan vaksin Covid-19 booster pada masyarakat.
Mengenal Facial Es Batu yang Diyakini Mampu Atasi Jerawat

Selasa, 06-April-2021 15:15

Gunakan batu es untuk atasi jerawat/
Foto : Facial
Gunakan batu es untuk atasi jerawat/
38

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Konsumsi minuman manis dengan es batu memang sungguh menyegarkan. Bagaimana tidak, es batu seolah mampu hilangkan dahaga dan membawa kesejukkan saat haus dan merasa kepanasan. 

Eits, tapi ternyata selain mampu dikonsumsi, es batu juga bisa membawa manfaat lain. Misalnya saja es batu yang digunakan untuk facial dan diaplikasikan di seluruh wajah. Penasaran?

Menggunakan es batu ke area tubuh selama ini dipercaya mampu dijadikan sebagai terapi dingin atau cryotherapy. Penggunaan es batu bisa digunakan untuk pengobatan luka memar, meredakan nyeri hingga penyembuhan jaringan lunak. 

Di sisi lain es batu juga bisa digunakan untuk facial atau disebut dengan istilah skin icing. Ini bisa membantu menghilangkan bengkak, terutama di sekitar mata, mengurangi sifat berminyak, meredakan jerawat, menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari, dan mengurangi peradangan, termasuk ruam dan gigitan serangga, mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan.

Dilansir dari laman healthline, Anda bisa mengoleskan es ke wajah dengan empat atau lima es batu dengan kain katun lembut. Gunakan juga untuk memijat lembut wajah Anda dengan gerakan melingkar selama satu atau dua menit. Pijat melingkar dapat dilakukan beberapa kali setiap hari pada garis rahang, dagu, bibir, hidung, pipi, dan dahi.

The Mayo Clinic menyarankan Anda mengurangi kantung di bawah mata dengan mengoleskan kompres es batu ke area bertekanan ringan selama beberapa menit. 

Ada juga yang menyarankan penggunaan es batu yang terbuat dari air atau minuman berkafein seperti teh atau kopi. Menurut penelitian tahun 2013, kafein dapat menembus kulit dan meningkatkan sirkulasi. 

Facial ini juga dipercaya mampu mengatasi jerawat dengan memperlambat peradangan dan meminimalkan pori-pori kulit untuk mengurangi produksi minyak yang berlebihan. 

Jika menggunakan es batu untuk mengatasi jerawat, sering-seringlah mengganti es dan pembungkusnya untuk menghindari penyebaran bakteri dari satu bagian wajah ke bagian lain.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani