Netral English Netral Mandarin
15:37wib
Komut PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama mengungkap selain menghapus fasilitas kartu kredit bagi direksi, komisaris, dan manajer, juga menghapus fasilitas uang representatif. Terdakwa kasus tes usap palsu RS Ummi Bogor, Rizieq Shihab, akan membacakan duplik pagi ini di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.
Mengenal Keunikan 11 Jenis Soto Nusantara yang Wajib Dicoba

Selasa, 18-Mei-2021 12:00

Coto Makassar.
Foto : reddoorz.com
Coto Makassar.
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Soto dikenal sebagai salah satu kuliner khas dari Indonesia. Makanan yang satu ini dikenal berkuah, dengan isian sayur, daging, serta pendamping seperti kerupuk, sambal dan sate jeroan. 

Sebagai makanan berkuah, kuliner yang satu ini memang paling cocok dimakan dengan nasi putih hangat. Di sebagian daerah, kuliner soto bisa dijadikan sebagai menu sarapan, makan siang ataupun makan malam. 

Soal harga, kuliner yang satu ini amat terjangkau dan murah meriah. Meskipun harganya yang murah, tapi jangan remehkan soal rasanya yang mampu menggoyang lidah Anda dan dijamin buat kenyang. 

Tapi sebelum makan, tahukah Anda bahwa ada banyak jenis soto yang ada di Indonesia. Setiap soto memiliki ciri khas dan cita rasanya tersendiri. Penasaran apa saja? Berikut ini 11 soto nusantara yang tersebar di Indonesia dan wajib Anda coba:

Soto Betawi

Soto Betawi merupakan salah satu makanan khas dari Masyarakat Betawi, Jakarta. Soto Betawi dikenal memiliki kuah gurih yang bersantan. Isiannya ada potongan daging sapi hingga berbagai jeroan. 

Kuah yang gurih dan daging yang empuk lantas ditaburi oleh bawang goreng dan irisan daun seledri. Makan soto yang satu ini paling cocok diberi perasan jeruk nipis agar segar, sambal agar ada cita rasa pedas, serta emping yang kriuk-kriuk.

Soto Mi Bogor

Ada pula soto nusantara dari Bogor, namanya Soto Mi Bogor. Soto yang satu ini biasanya memiliki kuah yang bening dan berkaldu. Isiannya ada irisan daging sapi empuk nan tipis, serta irisan dari sayur kol serta lobak putih, hingga potongan ketang goreng.

Uniknya, soto yang satu ini ada tambahan mi kuning lurus sebagai karbohidrat. Istimewanya lagi, soto akan ditambah dengan irisan risol isi bihun yang garing serta irisan tomat segar. 

Soto Madura

Di daerah yang terkenal dengan kuliner sate, ternyata Madura juga memiliki kuliner Soto Madura lho. Soto dari Madura memiliki ciri khas kuah kuning yang bening. Warna ini didapatkan dari berbagai rempah seperti bawang, jahe, kunyit, laos, kemiri, jeruk purut dan bumbu dapur lainnya. 

Isian dari soto ini biasanya adalah daging sapi, sayur tauge, dan kentang goreng. Biasanya soto yang satu ini juga diberikan potongan telur ayam rebus di atasnya. 

Soto Lamongan

Soto Lamongan tampaknya merupakan salah satu kuliner yang mudah ditemui di sekitarkita. Soto Lamongan dikenal memiliki kuah bening dan ada pula yang sedikit kuning dengan tambahan kunyit. 

Isian dari Soto Lamongan adalah soun yang lembut, ada sayur kol dan daging ayam suwir. Bila tertarik, Anda juga bisa meminta tambahan seperti ceker atau bagian kepala ayam yang sudah direbus dengan rembah sehingga gurih dan lembut. 

Pada penyajiannya, soto akan diberi dengan taburan bubuk koya. Bubuk koya diketahui berasal dari kerupuk udang yang dihaluskan dalam keadaan kering, kemudian ditambah potongan telur rebus, serta disantap dengan pelengkap kerupuk udang.

Soto Kudus

Soto nusantara lainnya adalah Soto Kudus. Soto yang satu ini mirip dengan Soto Lamongan, tapi kuahnya dikenal lebih bening. Isiannya adalah sayur tauge dan suwiran daging ayam, dengan potongan telur rebus dan perasan jeruk nipis. 

Tidak jarang ada juga yang menggunakan daging kerbau sebagai protein pada Soto Kudus. Uniknya lagi, Soto Kudus disajikan pada sebuah mangkuk kecil dan sudah dikenal sebagai tradisi daerah setempat. 

Soto Tasik

Siapa siangka, ternyata Kota Tasikmalaya juga memiliki kuliner Soto Tasik yang khas. Ciri khas dari Soto Tasik ini adalah kuahnya yang bersantan dipadu dengan suwiran ayam yang sudah direbus dengan bumbu dan digoreng hingga kecokelatan. 

Soto lantas disajikan pada mangkuk, lalu ditaburi dengan bawang goreng dan irisan daun bawang. Anda juga bisa menambahkan bihun atau soun, serta kentang goreng dan potongan telur rebus. 

Soto Bandung

Kota Kembang juga memiliki soto nusantara yakni dikenal dengan sebutan Soto Bandung. Eits, tapi Soto Bandung ternyata memiliki ciri khas tersendiri lho. 

Soto Bandung memiliki kuah yang bening, dengan potongan daging sapi yang empuk. Selain itu ada tambahan dari potongan sayur lobak putih serta kacang kedelai goreng. Soto kemudian disajikan dengan jeruk nipis, potongan tomat, serta taburan bawang goreng.

Soto Medan

Soto Medan dikenal memiliki dua tipe jenis kuah, ada yang bening dan bersantan. Isian dari soto ini bisa berupa daging sapi, daging ayam, hingga udang. Bahkan Anda juga bisa menggunakan tiga daging dalam satu mangkuk agar semakin mantap. 

Soto ini semakin nikmat karena disajikan dengan perkedel kentang yang gurih dan lembut. Jangan lupa beri juga tambahan telur rebus dan taburan bawang goreng yang wangi dan gurih. Santap soto dengan nasi putih, Anda juga bisa santap dengan ketupat.

Soto Banjar 

Anda juga wajib mencoba soto khas Suku Banjar, Kalimantan Selatan yang satu ini. Uniknya, soto memiliki kuah yang tidak bening, melainkan sedikit keruh karena adanya tambahan sedikit susu. 

Aroma dari soto yang satu ini amat khas, adakalanya menggunakan tambahan kayu manis, biji pala dan cengkih. Isiannya biasanya adalah daging ayam, bihun atau soun, bawang goreng, seledri dan tambahan perkedel kentang serta telur rebus. 

Soto Padang

Soto Padang merupakan kuliner berkuah kaldu sapi, uniknya dengan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering. Daging lantas ditambah dengan bihun, perkedel kentang dan disajikan selagi panas. 

Bagi Anda yang suka dengan sensasi segar, bisa ditambah perasan jeruk nipis dan sambal untuk sensasi pedas. Unik lainnya, makan Soto Padang bisa dinikmati dengan tambahan kerupuk merah. 

Coto Makassar 

Coto Makassar diketahui masuk dalam kategori soto yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan yang satu ini terdiri dari daging sapi dan jeroan yang telah direbus lama hingga empuk. 

Uniknya, coto akan dituang pada mangkuk kecil untuk penyajiannya. Coto kemudian diberi taburan bawang goreng, irisan daun bawang, dan disantap dengan ketupat. Bagi Anda yang suka, bisa juga menambahkan telur ayam mentah ke dalam kuah untuk menambah sensasi gurih. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP