Netral English Netral Mandarin
00:47wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Mengenal ‘Masker Selang’ yang Digunakan Menhan Prabowo, Berikut Harga dan Kelebihannya

Jumat, 16-Juli-2021 16:00

Masker selang yang digunakan Prabowo.
Foto : Espress
Masker selang yang digunakan Prabowo.
27

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Baru-baru ini, penampilan dari Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto cukup menarik perhatian. Pasalnya, disejumlah kesempatan dia menggunakan ‘masker selang’. 

Misalnya saja saat Menhan Prabowo mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melantik Perwira Remaja TNI di Istana Merdeka. Selain itu saat meninjau kesiapan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Pertahanan dan Pusdiklat Bahasa di bilangan Jakarta Selatan, baru-baru ini. 

Masker itu berwarna putih dan lebar, hingga mampu menutupi area hidung, pipi, serta dagu. Seperti masker pada umumnya, di bagian kanan dan kiri terdapat tali berwarna putih untuk dikaitkan ke telinga. 

Tetapi yang menarik perhatian, di sisi sebelah kiri dari masker terdapat sebuah lubang dan menjuntai sebuah selang. Senada dengan warna masker, selang tampak berwarna transparan. 

Bagaikan belalai, selang yang berbuku-buku itu tersambung pada sebuah kotak putih berukuran kecil dan berlubang-lubang. Kotak seukuran gawai, yang diketahui pompa udara itu lantas disimpan di balik pakaian sang Menhan Prabowo. 

Lantas, apa sebanarnya masker selang yang digunakan oleh Menhan Prabowo? Berapa harga dan apa saja kelebihannya? 

Menurut pantauan Netralnews, masker selang yang digunakan Menham Prabowo adalah Airpro mask atau dikenal juga dengan sebutan clean air mask respirator. 

Disejumlah e-commerce, masker tersebut dibandrol dengan harga berkisar Rp 500 sampai dengan Rp 800 ribu. Ya, harga masker itu memang cukup fantastis apabila dibandingkan dengan jenis masker pada umumnya. 

Seperti harnya, ternyata masker yang jenis satu ini memang bukan masker biasa dan sembarangan. Harga masker terbilang mahal karena memiliki sejumlah kelebihan karena dilengkapi dengan High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter. Secara sederhana HEPA filter ini diartikan sebagai penyaring udara mekanis dari masker. 

HEPA filter ini disebut mampu menyaring debu, asap rokok, sehingga dipercaya sebagai salah satu upaya yang baik untuk terhindar dari Covid-19. HEPA filter pada masker ini harus diganti setiap 500 jam atau sekitar dua bulan, dari pemakaian 8 jam sehari. 

Sistem ventilasi masker ini diketahui berdaya unik dan bisa mensuplai udara secara berkelanjutan. Volume udara bersih yang melewati filter pun dapat disesuaikan dan aliran udaranya lancar. 

Kecepatan kontrol udara juga dapat disesuaikan dari tingkat tinggi, misalnya untuk aktivitas olahraga, tingkat menengah, hingga tingkat rendah untuk aktivitas sehari-hari. Aliran udaranya pun disebut segar dan terus menerus disuplai ke masker dan mengurangi rasa pengap. 

Masker ini diklaim nyaman digunakan, kontur luarnya pas dengan wajah, mencegah masuknya udara dari luar, membuat napas bersih dan segar, serta klip hidung yang dapat disesuaikan. 

Masker ini disebut menggunakan baterai lithium yang bisa diisi ulang. Masker bisa digunakan dalam durasi enam hingga 12 jam. Apakah Anda tertarik membeli dan menggunakannya? 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani