Netral English Netral Mandarin
23:12wib
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan keputusan pemerintah untuk menggelontorkan dana triliunan rupiah ke perusahaan-perusahaan produsen minyak goreng dinilai sudah sangat tepat. Komisi Pemberantasan Korupsi mengembangkan kasus korupsi proyek infrastruktur di Kabupaten Buru Selatan 2011-2016.
Menggugah Selera, Ini 6 Kuliner Berkuah Khas Indonesia yang Cocok Disantap saat Musim Hujan

Senin, 06-December-2021 14:47

Soto Padang
Foto : Resep Koki
Soto Padang
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Saat ini sebagian wilayah di Indonesia memasuki musim penghujan. Keadaan itu membuat kita betah berada di atas kasur dan ingin terus mengisi hari-hari dengan makan. 

Saat musim hujan, makanan berkuah tentu akan menjadi primadona untuk disantap. Kuah makanan bisa disruput, menggoyang lidah dan menghangatkan tubuh untuk siap menghadapi segudang aktivitas. 

Berikut ini, enam makanan berkuah khas Indonesia yang cocok dimakan saat musim hujan. Makanan ini bisa jadi rekomendasi menu makan siang Anda dengan keluarga atau bersama rekan kerja:

1. Sop

Sop merupakan kuliner yang biasanya berkuah bening dan gurih karena berkaldu. Perpaduannya menjadi lebih mantap dengan taburan bawang goreng dan irisan seledri. Kuah sop juga menjadi lebih segar, dengan irisan tomat dan daun bawang.

Isian dari sop juga beragam. Ada yang isinya potongan ayam, buntut hingga iga sapi, atau kaki kambing bertekstur lembut dan tinggi protein. 

Makanan ini juga akan lebih menyehatkan karena disandingkan dengan potongan sayur mayur. Misalnya saja potongan wortel, kol, serta kentang yang empuk dan menambah kecantikan warna makanan.

2. Soto

Soto merupakan salah satu kuliner yang ada di setiap daerah di Indonesia. Ada Soto Aceh, Soto Medan, Soto Lamongan, Soto Banjar, Soto Bogor, Soto Betawi dan soto lainnya. 

Biasanya soto ini disajikan dengan beragam kuah. Ada yang soto kuah bening, soto kuah santan, hingga soto kuah yang bersusu.

Kuah yang gurih akan berpadu dengan beragam daging sesuai selera. Misalnya saja suwiran ayam, potongan danging sapi empuk, potongan jeroan, seperti usus, paru, kikil, dan babat. Ada juga yang menggunakan daging kerbau dan daging bebek.

3. Bakso

Bakso merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang tersohor. Makanan ini biasanya terdiri dari gumpalan daging sapi yang dibulatkan. 

Inovasi bakso kini juga beragam. Tidak hanya diisi cincangan daging dan telur, ada juga yang mengisi bakso dengan keju, cabai, lobster, kepiting, cumi dan ayam. 

Bakso tambah nikmat karena diguyur kuah kaldu yang gurih. Kuah gurih berasal dari tulang-tulang sapi yang direbus, kemudian bersanding dengan taburan seledri dan bawang goreng. 

Jangan lupa, tambahkan kecap, saus, sambal hingga cuka. Racik sesuai selera Anda!

4. Rawon

Rawon dikenal sebagai salah satu sup terenak se-Asia. Sup yang satu ini unik karena berkuah hitam. 

Meskipun penampakannya hitam dan menyeramkan, namun rasanya jangan diragukan. Kuah hitam yang berasal dari Bahan Kluwek akan menambah cita rasa dan khas makanan satu ini. 

Kuah hitam dan berempah berpadu dengan potongan daging sapi yang empuk. Biasanya akan ditaburi dengan Tauge pendek serta bawang goreng. 

Makan Rawon akan lebih nikmat dengan tambahan Telur Asin, tempe goreng, paru kriuk, hingga sambal yang buat Anda berkeringat.

5. Mi Godog 

Mi Godog merupakan makanan berkuah yang sudah tidak asing lagi di tanah Jawa. Mi ini sendiri diolah dengan cara digodog atau dalam Bahasa Indonesia adalah direbus.

Uniknya, mi ini di masak di sebuah wajan yang dipanaskan di atas anglo dengan bara api dari arang. Aroma khas bakaran akan berpadu dengan kuah gurih yang terdiri dari rempah khas Indonesia, telur, suwiran ayam jawa, dan sayur kol serta tomat.

Berbeda dengan mi instan, mi godog biasanya berbentuk tebal-tebal dan lembut. Mi akan diaduk bersama kuah gurih nan kental, cocok dimakan bersama acar dan emping.

6. Tongseng 

Tongseng jadi salah satu makanan berkuah yang bisa jadi rekomendasi kuliner saat musim hujan. Makanan kuah satu ini amat cocok disantap dengan nasi putih hangat serta krupuk yang kriuk. 

Anda bisa memilih berbagai varian daging untuk tongseng. Misalnya saja daging ayam, sapi atau kambing. 

Daging yang sudah dipotong-potong kecil akan ditumis dan dituang kuah berkaldu. Biasanya kuah akan berwarna kecokelatan. Itu berasal dari perpaduan kuah kunyit yang kuning dengan tambahan kecap cokelat yang pekat. 

Tongseng menjadi lebih segar dengan sensasi potongan tomat hijau, kol, hingga irisan cabai rawit bila suka.

Sama seperti mi godog, tongseng juga memiliki aroma khas karena dimasak di atas anglo dengan bakaran arang.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli

Berita Terkait

Berita Rekomendasi