Netral English Netral Mandarin
17:02wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Mengharukan! Kenangan Indah DS dengan TZ, Mulai dari Bidadari, Saling Goda, Tak Baperan, dan Teman Aneh

Selasa, 11-Mei-2021 08:03

Tengku Zulkarnain dan Denny Siregar
Foto : Kolase Netralnews
Tengku Zulkarnain dan Denny Siregar
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mantan Wasekjen MUI Tengku Zulkarnain meninggal dunia. Meski sering berseberangan pandangan politik, Denny Siregar mengaku turut berduka.

Bahkan ia membuat catatan khusus mengulas kenangan indah tentang arti pertemanan dengan Tengku Zulkarnain. Cukup mengharukan. Berikut catatan lengkap Denny, dinukil NNC 11 Mei 2021 dari akun FB-nya. 

TENGKU ZUL DAN RIBUAN BIDADARINYA..

Beda dengan banyak orang, saya termasuk yang sedih dengan meninggalnya Tengku Zul..

Saya sering menggodanya dengan kata "ayah naen". Itu karena ada twit seseorang yang kenal dengan dia, dan dia sering dipanggil begitu. Mungkin karena nama anaknya Naen.

Saya juga sering menggodanya dengan kata "pemain organ tunggal". Dengar2, memang itulah profesinya dulu sebelum dikenal sebagai "ustad".

Tengku Zul ketika digodain jarang baperan. Meski dia dan saya ada di posisi berbeda, kami tidak pernah memblokir sesama. Buat saya, menggoda Tengku Zul adalah keasikan tersendiri. Begitu juga dengan dia. 

Orangnya kocak sebenarnya. Dan pemahaman agamanya masih materialistik. 

Buktinya dia masih saja berfikir ada ribuan bidadari yang akan menyambutnya bak pahlawan ketika dia di surga nanti. Dia tidak pernah berfikir bahwa mungkin saja itu bahasa metafora, tidak menggambarkan secara fisik tapi simbol belaka..

Sekarang dia sudah meninggal. Mungkin karena penyakit bawaan yang sudah lama diderita, dan terpicu oleh Covid sehingga tidak bertahan lama. 

Selamat jalan, Tengku Zul. Semoga baik2 saja disana. Saya kehilangan teman bertukar sapa. Gak tau kenapa, saya menganggap anda itu teman saya. Meski cara berteman kita aneh, tapi itulah yang sebenarnya..

Semoga cita2mu disambut bidadari bisa terlaksana. Saya masih seruput kopi dulu, menunggu waktu yang tersisa..

Seruput..

Denny Siregar

Ucapan Duka dari Istana

Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin, menyampaikan dukacita atas meninggalnya Ustaz Tengku Zulkarnain. Menurutnya, kantor staf presiden berduka.

"Ya kalau di dalam Islam itu kan yang diingat itu amal salehnya, yang baik-baiknya. Kita kirimkan ucapan doa yang mendalam kepada Tengku Zulkarnain atas nama Kantor Staf Presiden dan kawan di KSP sebagai tenaga ahli utama, tentu saya sampaikan rasa duka yang sangat dalam," ujar Ali Ngabalin, Senin (10/5/2021).

Ngabalin kemudian mendoakan seluruh dosa almarhum agar diampuni Allah SWT. Ngabalin meyakini Tengku Zulkarnain meninggal dunia dalam keadaan husnulkhatimah.

"Mudah-mudahan Allah memaafkan seluruh kesalahannya, dan Allah menggugurkan seluruh dosa-dosanya karena ini meninggal dunia di akhir 10 hari terakhir Ramadhan, saya percaya dia meninggal dunia dalam keadaan husnulkhatimah ya," katanya.

"Kami kehilangan kawan dan sahabat meskipun secara langsung saya berbeda politik dalam tataran diametaral yang cukup tajam, tapi dia kawan dan sahabatku, karena teman debat adalah mitra sejati diskusi, meskipun saya tabrakan keras tapi beliau juga adalah kawan sahabat yang tidak bisa saya pungkiri, saya pernah jalan bareng-bareng mengurus banyak kegiatan di 15-20 tahun yang lalu sama-sama," katanya.

Diketahui, Ustaz Tengku Zulkarnain wafat setelah dinyatakan COVID-19. Tengku Zulkarnain dirawat sejak 2 Mei lalu.

"Dia sudah pakai ventilator, napas buatan. Rencana habis Magrib ini mau dirujuk ke RSUD Arifin Achmad, di sana sudah siap," ujar Direktur Corporate Communication RS Tabrani, Ian Machyar, Senin (10/5).

Ian mengatakan Tengku Zulkarnain meninggal dunia satu menit setelah azan Magrib tadi. Jenazah Tengku Zulkarnain akan disalati di Masjid Agung An-Nur sebelum dimakamkan.

"Jadi, sebelum ke pemakaman, mau disalatkan ke Masjid Agung Annur. Beliau tokoh nasional. Jadi kita salatkan bersama, dengan protokol kesehatan, di dalam ambulans," ujar Ian.

Ian juga menuturkan kondisi Ustaz Tengku Zulkarnain menurun sejak sore tadi. Jenazah Tengku Zulkarnain akan dimakamkan malam ini di Pekanbaru.

"Turun drastis kesehatannya sore tadi. Ini masih di RS, tadi sore kami sempat pasang ventilator, tapi kami tak bisa selamatkan," katanya dinukil detik.com.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Sesmawati