3
Netral English Netral Mandarin
19:51 wib
Sebanyak tujuh mantan kader Partai Demokrat yang baru saja dipecat bakal menggugat gugatan secara kolektif ke Pengadilan Negeri pekan depan. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan telah memangkas jumlah BUMN dari 142 menjadi tinggal tersisa 41 perusahaan.
Mengintip Respons Presiden terhadap Korban Bencana Alam

Selasa, 19-January-2021 17:39

Ilustrasi Mengintip Respons Presiden terhadap Korban Bencana Alam
Foto : Antara
Ilustrasi Mengintip Respons Presiden terhadap Korban Bencana Alam
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah akan memberikan bantuan sekitar Rp10 juta hingga Rp50 juta kepada masyarakat di Sulawesi Barat yang rumahnya rusak akibat gempa bumi pada Jumat (18/1) lalu.

Presiden, saat meninjau lokasi pengungsian korban gempa di Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa, mengatakan pemerintah pusat juga akan membantu untuk membangun kembali gedung-gedung pemerintah daerah yang rusak akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,2 itu.

“Untuk gedung-gedung pemerintah yang roboh setelah diaudit nanti, pemerintah pusat akan segera bangun kembali. Kemudian untuk rumah penduduk yang roboh, pemerintah akan membantu, untuk yang rusak berat Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta, dan rusak ringan atau hanya retak-retak Rp10 juta,” ujar Presiden.

Presiden mengatakan dirinya datang langsung ke Sulawesi Barat karena ingin memastikan proses penyaluran bantuan ke masyarakat, pemenuhan logistik pengungsi, juga proses evakuasi korban berjalan baik.

“Siang hari ini saya berkunjung ke Sulawesi Barat, khususnya di Kabupaten Mamuju, dan melihat lapangan, melihat bangunan-bangunan pemerintah yang ambruk, juga rumah-rumah penduduk yang roboh,” ujarnya.

Presiden berharap dengan bantuan dari pemerintah pusat, masyarakat dapat kembali membangun rumah dan segera beraktivitas kembali. Kegiatan pemerintahan daerah di Sulbar juga diharapkan dapat segera berjalan kembali untuk melayani masyarakat.

"Dengan harapan bantuan dari pemerintah pusat, pemulihan kembali segera terwujud, baik rumah-rumah roboh, pemulihan ekonomi, dan pemulihan di pemerintahan akan kembali normal," katanya.

Kepala Negara juga menyampaikan duka cita yang mendalam terhadap keluarga para korban gempa.

"Terakhir saya ingin menyampaikan duka cita yang mendalam atas korban yang meninggal, semoga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan dan kesabaran,"

Korban Banjir

Bantuan sembako dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk korban banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) mulai hari ini disalurkan lewat jalur udara untuk daerah yang tak bisa dijangkau lewat darat maupun air.

"Saya hari ini bersama Forkopimda menumpangi helikopter membawakan langsung bantuan pak presiden ke daerah yang  terisolasi akibat banjir," kata Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor di Banjarbaru, Selasa.

Selain menyalurkan bantuan, kata gubernur, pihaknya sekaligus melakukan patroli dan melihat langsung dari udara kondisi banjir saat ini.

"Jadi mana saja daerah yang nampaknya sulit dijangkau jalur darat dan air, semuanya kita distribusikan bantuan lewat helikopter," katanya.

Hingga saat ini, sejumlah wilayah masih terisolasi akibat banjir besar yang melanda Kalimantan Selatan dalam sepekan terakhir.

Adapun daerah paling terdampak, di antaranya Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Barito Kuala.

Dua unit helikopter masing-masing milik Basarnas dan BNPB mengangkut rombongan gubernur, termasuk Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Badan SAR Nasional Bambang Suryo Aji dari Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin.

Danlanud Sjamsudin Noor Banjarmasin Kolonel Pnb M Taufiq Arasj mengatakan untuk tahap pertama ada 250 paket sembako dari presiden yang disalurkan.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto