Netral English Netral Mandarin
21:24wib
Enam belas tim telah memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021) usai berlangsungnya matchday terakhir penyisihan grup, Kamis (24/6) dini hari WIB. Sejumlah daerah di provinsi Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta masuk kategori zona merah atau wilayah dengan risiko tinggi penularan virus corona (covid-19) dalam sepekan terakhir
Menhan Prabowo Akan Berikan Beasiswa Bagi Putra-Putri Prajurit KRI Nanggala 402

Selasa, 27-April-2021 05:18

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto (kanan).
Foto : Antara
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto (kanan).
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto akan memberikan beasiswa bagi seluruh putra-putri prajurit KRI Nanggala-402 hingga universitas.

Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara Menhan Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak di akun Twitternya, Senin (26/4/2021).

"Menteri Pertahanan @prabowo menyampaikan akan memberikan beasiswa sampai universitas kepada seluruh putra-putri prajurit Hiu Kencana KRI Nanggala 402 yang gugur dalam tugas sebagai kusuma bangsa," tulis @Dahnilanzar.

"Teruslah berpatroli dalam keabadian wahai prajurit, doa kami selalu menyertai," cuit Dahnil.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan bahwa kapal selam KRI Nanggala tenggelam di perairan utara Bali dan 53 awak kapal buatan Jerman itu dinyatakan gugur dalam tugas.

Hadi menyampaikan hal itu didasari  sejumlah temuan otentik yang didapati citra bawah air KRI Rigel dan remote operation vehicle (ROV) milik kapal MV Swift Rescue dari Singapura.

"Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut, dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala 402 telah tenggelam, dan seluruh awaknya telah gugur," kata Marsekal Hadi Tjahjanto dalam konferensi pers, Minggu (25/4/2021).

"Oleh karena itu dengan kesedihan yang mendalam selaku Panglima TNI saya nyatakan bahwa 53 personil yang on board KRI Naggala 402 telah gugur. Prajurit- prajurit Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di perairan utara Bali," tandasnya.

Atas tragedi itu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan belasungkawa yang mendalam. Ia menyatakan, 53 prajurit TNI AL yang menjadi awak KRI Nanggala 402 adalah putra terbaik bangsa.

"Rasa belasungkawa yang paling mendalam untuk tragedi yang menimpa KRI Nanggala 402. Seluruh prajurit yang gugur adalah putra-putra terbaik bangsa," tulis Prabowo di akun Twitternya, Minggu (25/4/2021).

Ketua Umum Partai Gerindra itu juga mendoakan keluarga awak kapal Nanggala. "Semoga selalu diberi kekuatan dan ketabahan bagi keluarga yang ditinggalkan," kata Prabowo.

Di akhir cuitannya, Prabowo mengucapkan selamat berlayar menuju keabadian bagi kapal selam KRI Nanggala 402. "KRI Nanggala 402, selamat berlayar menuju keabadian," tutup Prabowo.  

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli