Netral English Netral Mandarin
06:45wib
Sebanyak 1.296 sekolah menjadi klaster Covid-19 di saat pembelajaran tatap muka (PTM) diduga akibat penularan. Sejumlah sumber di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan bahwa Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin sudah ditetapkan sebagai tersangka
Menikmati Pemandangan dari Balon Udara di Tungkal Selatan

Senin, 26-April-2021 14:00

Menikmati ketinggian dari balon udara di Tungkal Selatan.
Foto : Kemenparekraf
Menikmati ketinggian dari balon udara di Tungkal Selatan.
16

PARIAMAN, NETRALNEWS.COM - Pernah membayangkan bagaimana nikmatnya naik balon di udara dan melihat pemandangan dari ketinggian tertentu?

Kalau biasanya fasilitas ini ditemukan kebanyakan di luar negeri, namun di Tungkal Selatan, Sumatera Barat juga menyediakan fasilitas demikian.

Sebuah permainan dan destinasi wisata baru yang terletak di Desa Tungkal Selatan, Kecamatan Pariaman Utara, yaitu Wahana Agro Wisata, mulai dari Sepeda Gantung, Flying Fox, sampai Balon Udara.

Walaupun Masih dalam tahap uji coba, animo dan antusias masyarakat sekitar dan pengunjung yang penasaran dengan wahana Agro Wisata ini terus berdatangan, untuk sekadar mencoba bahkan uji nyali untuk menikmati Sepeda Gantung dan Flying Fox ini.

Sinergitas antara BPD dan Kepala Desa, yang terjalin baik, akhirnya terwujud lah Destinasi Agro Wisata di Desa Tungkal Selatan ini.

Desa Wisata Tungkal Selatan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Pariaman.  Kawasan ini juga menjadi contoh wujud kehadiran desa wisata. Selain sebagai pemberdayaan potensi, juga untuk menambah geliat ekonomi masyarakat.

Desa Wisata yang hadir sejak tahun 2019 ini memiliki berbagai atraksi seperti agrowisata, sepeda, balon gantung, dan flying fox. Dalam kesempatan itu Menparekraf Sandiaga berkesempatan mencoba wahana sepeda gantung.

"Kota Pariaman ini sudah sangat maju dan komitmen dari Wali Kota dan seluruh kepala desa di tiap jajaran mendukung program desa wisata berbasis alam dan budaya," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, beberapa waktu lalu.

Ia pun optimistis desa wisata akan menjadi salah satu faktor penting dalam pemulihan ekonomi. Termasuk pariwisat dan ekonomi kreatif sebagai bagian dari pembangunan kedepan.

"Saya titip untuk kepatuhan terhadap penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin dapat selalu dijaga," kata Sandiaga didampingi Wali Kota Pariaman, Genius Umar.

Vaksin

Sandiaga juga mendorong Pemerintah Provinsi Sumatra Barat melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai salah satu upaya membangkitkan kembali sektor parekraf.

"Untuk vaksin, Pemprov Sumbar menyatakan bahwa penyediaan vaksin (bagi pelaku parekraf) akan segera dihadirkan," kata Menparekraf Sandiaga Uno usai melakukan kunjungan ke Desa Wisata Tungkal Selatan, Pariaman.

Vaksinasi merupakan salah satu dari beberapa pilar utama dalam upaya menekan penyebaran COVID-19. Termasuk di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Karenanya, secara ideal, sebelum membuka kembali pariwisata dan ekonomi kreatif secara penuh, para pegiat pariwisata harus mendapatkan vaksinasi.

Pemerintah pusat dikatakannya, berkomitmen untuk terus menyiapkan ketersediaan vaksin.

"Kerja sama antara pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan pemerintah kota di Sumatra Barat menjadi kunci,” kata Sandiaga.

Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy, mengatakan vaksinasi menjadi salah satu program utama yang dijalankan pihaknya. Pemprov Sumbar dikatakannya juga akan jemput bola dengan menyiapkan pusat vaksinasi di Masjid Raya Sumatra Barat.

"Kami akan jemput bola, kita akan mulai coba buka vaksin di masjid raya. Jadi silakan nanti bagi pegiat pariwisata bisa datang langsung," kata Audy Joinaldy. 

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati