3
Netral English Netral Mandarin
21:30 wib
Apple dikabarkan akan meluncurkan iPhone 13 dengan opsi penyimpanan hingga 1TB. Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka keran investasi pada industri minuman keras (miras) mengandung alkohol, minuman mengandung alkohol anggur, dan minuman mengandung malt.
Menjelajahi Pesona Alam Wisata Posong Paling Populer

Minggu, 07-Februari-2021 22:21

Suasana malam di Posong
Foto : Wisata Yuk
Suasana malam di Posong
1

JAKARTA, NETRALNEW.COM - Akhir pekan paling cocok diisi dengan liburan bersama teman atau keluarga untuk menjelajah wisata alam. Salah satu destinasi yang bisa Anda kunjungi dan buktikan pesonanya adalah wisata Posong. Eits, tapi sebelumnya apakah Anda tahu di mana letak lokasi daerah yang satu ini?

Wisata Posong berada di kawasan wisata Lembah Sindoro, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Wisata Posong yang menawarkan pesona alam istimewa ini hanya berjarak 1 jam perjalanan dari kawasan wisata Dieng dan Magelang.

Lokasi Wisata Posong

Wisata Posong Lembah Sindoro terletak persis di kaki Gunung Sindoro. Anda bisa melepas pandangan dari lereng Sindoro. Mata dan jiwa Anda dijamin terasa teduh oleh hamparan alam yang asri. Belum lagi terlihat jajaran hutan pinus, sawah, hingga kebun tembakau di antara lekuk bukit.

Wisata Posong yang satu ini berada di ketinggian 1.823 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan menempati area setidaknya seluas 1,2 hektare. Sedangkan untuk area wisata lembah Sindoro sendiri mulai berkembang sebagai tujuan wisata sejak tahun 2010.

Berada di ketinggian, jangan lupa Anda mengenakan pakaian hangat dan mempersiapkan keadaan tubuh dalam kondisi yang prima. Ajak juga sanak keluarga atau kerabat, sambil membawa perbekalan makanan camilan dan minuman saat di perjalanan.

Harga Tiket Masuk Wisata Posong

Meski membawa rombongan keluarga dan kerabat, Anda tidak perlu khawatir kantong menjadi jebol. Pasalnya tiket masuk ke kawasan wisata Posong ini terbilang masih cukup terjangkau. Anda cukup membayar tiket masuk sekitar Rp20 ribu saja dan sudah bisa menikmati keindahan kawasan wisata Posong.

Tetapi, harga tiket masuk ini sewaktu-waktu bisa berubah, sehingga Anda perlu memastikan lagi kepada pengelola wisata Posong ini. Meskipun harganya bisa berubah, tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena harganya tentu masih terjangkau dan Anda bersama keluarga dan kerabat masih bisa berlibur dengan suka cita.

Jam Buka Wisata Posong

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk datang ke wisata Posong yang satu ini? Pastinya Anda tidak perlu dibuat pusing dengan jam operasionalnya, pasalnya kawasan wisata Posong ini dibuka mulai subuh hingga sore hari. Hal ini dikarenakan banyak wisatawan yang datang ke sini untuk menikmati sunrise Gunung Sindoro.

Tentu jam operasional yang panjang ini amat menguntungkan Anda bukan? Salah satu keuntugannya, Anda jadi bisa mengatur jam perjalanan dengan lebih fleksibel, tinggal disesuaikan dengan rangkaian perjalanan Anda.

Aktivitas Wisata Posong

Sesampainya di wisata Posong ini, Anda dapat melihat dengan jelas puncak Gunung Sindoro. Sekelilingnya menawarkan panorama alam, perpaduan hamparan kebun sayur dan buah yang tumbuh mengikuti kontur lereng gunung. Di samping itu pemandangan wisata Posong ini juga sangat menawan, awan yang menggumpal dan bukit-bukit di bawahnya akan membuat kagum siapapun yang datang. Beberapa panorama yang siap menyambut Anda di wisata Posong adalah:

1. Pemandangan sepanjang jalan dari Gardu Tiket

Pemandangan di Posong (travels promo)

Diketahui, pengelola wisata Posong ini adalah warga yang bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat. Tentu keadaan ini juga membangkitkan kegiatan ekonomi warga yang tinggal di sekitar wisata Posong yang satu ini.

Sekilas gambaran perjalannya, dari gardu pembelian tiket dekat jalan utama, Anda perlu menempuh jarak sekitar 3,5 kilometer. Jarak gerbang masuk hingga ke area utama kawasan wisata Posong ini membutuhkan waktu perjalanan sekitar satu jam.

Selama perjalanan wisatawan akan melintasi kebun kopi dan tembakau dengan jalan lebar dan berlapis batu makadam. Tentu di tengah perjalanan ini Anda tidak akan dibuat bosan dan jenuh dengan perjalanan yang tidak akan monoton.

2. Sunset dan sunrise

Sunrise di Posong (instagram @sunutriwasono)

Meski jam operasionalnya panjang, tidak ada salahnya bila Anda ingin berburu sunset dan sunrise di wisata Posong ini. Bahkan para pengunjung umumnya datang ke wisata Posong ini untuk menyaksikan matahari terbit.

Tidak heran, apabila wisata Posong ini sudah buka sedari pukul empat pagi buta. Satu jam berselang, yakni sekitar pukul lima pagi, perlahan-lahan mentari pagi akan mengintip dari balik Gunung Sumbing. Perlahan semua bayang jajaran Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo, Muria, hingga Ungaran mulai terlihat. Pada saat pukul enam pagi Anda bisa merasakan dan menikmati hangatnya golden sunrise.

Nah, kapan lagi bisa menikmati matahari terbit dengan pesona pemandangan pegunungan bersama keluarga dan kerabat? Apalagi perjalanannya menyenangkan dan harga tiketnya juga sangat terjangkau.

Tapi jangan salah, Anda jangan langsung terlena dengan pemandagan matahari terbitnya saja. Pasalnya bukan hanya terbitnya matahari yang menjadi momen yang diburu para pengunjung bila datang ke wisata Posong ini.

Pada saat sore hari akan tersaji pemandangan indahnya matahari terbenam. Pancaran sorot sinar matahari tampak seakan membelah Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Sungguh akan menambah pegalaman baru bagi perjalanan liburan Anda, karena sunset tidak hanya bisa dinikmati dari pesona keindahan alam pantai saja.

3. Pesona keindahan alam

Tapi bagi Anda yang waktunya terbatas, datang di saat siang hari juga tidak ada salahnya. Anda tentu disarankan datang saat siang hari dengan cuaca cerah. Anda bisa melihat bak lukisan alam, indahnya rangkaian awal dengan disertai tujuh puncak gunung.

Bahkan jika jika cuaca sedikit mendung, wisata Posong ini juga tetap akan memukau, karena berselimut kabut yang menciptakan suasana syahdu. Ditambah lagi udara sejuk dan juga tumbuhan-tumbuhan hijau terhampar luas, tentu mencuci mata Anda dan membuat Anda seolah bisa bernafas lega sejenak menikmati alam.

4. Cakruk

Salah satu hal baru yang mungkin bisa Anda temukan saat sedang mengunjungi wisata Posong adalah cakruk. Apakah Anda tahu, apa itu cakruk?

Cakruk ini sangat cocok digunakan untuk menikmati panorama wisata Posong. Di kawasan ini tersedia tiga cakruk atau dikenal juga sebagai gardu besar. Ada pula sebuah cakruk kecil yang berguna sebagai tempat duduk dan bersantai.

Di area ini biasanya para wisatawan duduk-duduk santai sambil menikmati minuman hangat serta sesekali menikmati pemandangan. Jangan lupa juga dokumentasikan diri Anda bersama rombongan Anda dengan latar belakang keindahan alamnya. Anda juga bisa lho membuat video blog (vlog) singkat mengenai perjalanan Anda menyusuri wisata Posong satu ini, pasti menarik untuk kenang-kenangan.

5. Wahana outdoor

Tidak hanya menikmati pemandangan alam, sunset, dan sunrise, serta takjub akan keasriannya saja lho. Ada juga wahana outdoor yang ditawarkan oleh wisata Posong yang satu ini. Tentu wahana ini akan menambah keseruan liburan dan menorehkan canda tawa saat bermain dengan orang terdekat.

Wisata Posong ini menyediakan flying fox, mendaki, outbond, serta trekking lembah dan gunung. Lalu tersedia juga taman bermain kecil untuk anak. Cukup lengkap ya. Dijamin keluarga dan kerabat Anda betah berlama-lama.

6. Beragam spot foto

Berfoto di Posong (instagram @salmazlfanbi_)

Bagi Anda pemburu foto, wisata Posong yang satu ini bisa menjadi salah satu surganya. Pasalnya ada beragam titik spot foto yang menarik di wisata Posong yang satu ini, di antaranya spot dengan latar belakang tulisan Posong dan Gunung Sindoro.

Waktu terbaik untuk mengambil gambar di wisata Posong yang satu ini adalah pada saat pagi dan sore hari. Kedua, titik foto sayap kupu-kupu yang sangat cocok terutama bagi anak-anak.

Wahana foto ketiga yaitu gardu pandang dengan keunikan dengan latar belakang Gunung Sumbing dan lanskap Temanggung. Titik ini juga menjadi salah satu titik foto terbaik bagi para pengunjung yang datang ke wisata Posong ini.

7. Keindahan langit malam wisata Posong

Suasana malam wisata Posong (wisata yuk)

Bagi Anda yang baru sempat datang saat malam hari ke wisata Posong yang satu ini juga tidak perlu kecewa, pasalnya keindahan wisata Posong saat malam juga tak kalah memukau. Anda bisa melihat langit malam yang kerap bertabur bintang. Tentu menambah keromantisan bagi Anda yang datang bersama dengan pasangan.

Jangan kaget apabila wisata Posong saat malam ini menawarkan hamparan ‘milky way’ yang menghiasi angkasa Posong. Galaksi Bimasakti ini dapat nampak jelas dari wisata Posong yang satu ini karena minimnya polusi cahaya.

8. Area berkemah

Berkemah di Posong (sewa mobil jogja)

Anda yang ingin bermalam juga bisa! Pasalnya wisata Posong ini juga membuka tempat berkemah. Wisatawan yang berminat bisa menghubungi pihak pengelola setempat dan dapat merasakan sejuknya bermalam dengan udara pegunungan, seperti dilansir dari laman Travel Promo.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan fasilitas umum yang ada di wisata Posong yang satu ini. Di wisata Posong ini sudah tersedia berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan para pengunjungnya, di antaranya ada toilet umum, musala, kamar mandi, hingga warung sederhana.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : YC Kurniantoro