Netral English Netral Mandarin
13:14 wib
Indonesia menempatkan dua wakilnya di final Yonex Thailand Open 2021 di Impact Arena, Bangkok, Minggu (17/1) siang. Kedua wakil berasal dari sektor ganda putri dan ganda campuran. Sebanyak enam orang meninggal akibat banjir dan tanah longsor yang terjadi Sabtu (16/1/2021), di sembilan kecamatan dan 33 kelurahan di Kota Manado, Sulawesi Utara, jadi daerah terdampak.
Menkes Jabarkan Sasaran Pertama Penerima Vaksin Corona dan Teknis Pelaksanaannya

Senin, 07-December-2020 15:40

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto
Foto : Netralnews.com/Martina Rosa Dwi Lestari
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto
4

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan, pihak pertama yang akan menjadi sasaran Vakin Corona pertama adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan.

Pernyataan ini disapaikan Menkes menanggapi tibanya 1,2 juta dosis Vaksin Corona Sinovac di Indonesia. Penjelasan disampaikan Menkes karena Kementerian Kesehatan (Kemenkes) adalah leading sector atau sektor teknis yang akan memimpin dalam pelaksanaan vaksinasi.

“Dalam hal ini Kementerian Kesehatan telah menyiapkan jumlah sasaran dan kebutuhan vaksin per kabupaten/kota. Selanjutnya data tersebut dimaksukkan dalam sistem informasi yang akan meyiapkan dalam bentuk data sasaran by name by address,” kata Menkes, saat konferensi pers virtual, Senin (7/12/2020).



Lebih lanjut Menkes jelaskan, pelaksanaan distribusi vaksin sesuai dengan prosedur cara distribusi obat yang baik. Ini dilakukan dalam rangka menjamin kualitas vaksin sampai diterima oleh masyarakat sesuai dengan rencana.

Kata Menkes, distribusi Vaksin Covid-19 telah dibahas bersama dalam skema program. Maka vaksin didistribusikan ke gudang vaksin di dinas kesehata provinsi. Kemudian diedarkan ke dinas kesehatan dibawahnya.

Menkes berharap, pelaksanaan vaksinasi bisa dilaksanakan tepat waktu dan berjalan dengan baik. Harapan lainnya, Pandemi Covid-19 dapat segera diatasi dan dalam rangka memberi perlindungan pada masyarakat agar tetap sehat dan produktif  secara sosial dan ekonomi.

“Kesehatan pulih dan ekonomi bangkit. Tetap ingat protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan,” pesan Menkes.

Seperti diketahui, Vaksin Covid-19 kita ketahui telah tiba pada hari Minggu (6/12/2020) sebanyak 1,2 juta dosis yang merupakan bagian dari pengadaan tahap pertama sebanyak 3 juta dosis. Selanjutnya vaksin akan segera dilakukan persetujuan untuk penggunaan emergency use autoritationnya oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sesuai dengan scientific  dan ketentuan perundang-undangan.

Selain itu dilakukan pemeriksaan kualitas vaksin, termasuk dokumen vaksin arrival report. Kemudian pengisisan dokumen vaksin arrival report dilakukan dengan lengkap dan benar sesuai dengan pemeriksaan fisik vaksin.

Lebih lanjut Bio Farma telah memastikan kendaraan pendingin dalam kondisi baik, sehingga monitoring suhu di perjalanan dari bandara sampai ke gudang vaksin dapat terjaga baik. Selanjutnya masuk gudang vaksin yang telah disiapkan dengan kapasitas yang mampu menampung vaksin serta sesuai dengan standar prosedur operasional manajemen rantai dingin.

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati