Netral English Netral Mandarin
10:00wib
Sebanyak 75,6 persen warga menyatakan puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo secara umum dalam survei yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto minta lakukan peningkatan kapasitas tempat tidur untuk pasien Covid-19 di rumah sakit sebesar 30-40 persen.
Menkes: Stok Vaksin Covid-19 Tersisa Hanya untuk 20 Hari Penyuntikan

Jumat, 23-April-2021 19:20

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin
Foto : Istimewa
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa sisa stok vaksin COVID-19 di Indonesia masih memiliki stok vaksin sekitar 26,2 juta dosis atau hanya tersisa untuk 20 hari penyuntikan.

"Dari 26,2 juta ini, sekitar 18 juta sudah disuntikkan. Jadi sekarang kita masih ada stok sekitar 8 juta dosis. Di mana stok 8 juta dosis ini kemarin sekitar 3 juta adalah produksi baru dari Bio Farma yang akan kita kirim ke daerah," kata Menkes Budi dalam konferensi pers, Jumat (23/4/2021).

Lebih lanjut Menkes Budi menjelaskan total vaksin COVID-19 yang dibutuhkan di Indonesia mencapai 426 juta dosis. Sebanyak 225 juta telah terkonfirmasi dan tinggal menunggu jadwal pengiriman.

Namun Menkes Budi menegaskan jadwal pengiriman vaksin ini masih bisa berubah-ubah. Sebab, ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhinya.

"Tapi memang jadwal pengirimannya masih bisa geser-geser, tergantung masalah logistik, masalah produksi, dan kadang-kadang masalah prioritas dari negara-negara produsen," ujar Menkes Budi.

"Sisanya masih kita buat sebagai opsi karena kita masih menunggu apakah vaksin gratis yang dari GAVI bisa lebih banyak dari yang sekarang," pungkasnya.

Reporter : Sesmawati
Editor : Sesmawati