3
Netral English Netral Mandarin
17:40 wib
Jumlah korban meninggal akibat Covid-19 di Italia sudah melampaui 100 ribu orang. Kondisi itu membuat Italia menjadi salah satu negara yang mencatatkan rekor kematian tertinggi. Politisi Partai Demokrat (PD) versi kongres luar biasa (KLB) Max Sopacua membantah informasi yang menyebut pihaknya menjanjikan imbalan Rp100 juta untuk para kader partai yang bersedia menghadiri KLB
Menko Luhut Tunjuk Perusahaan Asal Swiss untuk Kelola Toilet di Kawasan Wisata Danau Toba

Senin, 15-Februari-2021 14:54

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan melakukan Kunjungan Kerja ke Danau Toba, Sumatera Utara. 
Foto : Kemenko Marves
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan melakukan Kunjungan Kerja ke Danau Toba, Sumatera Utara. 
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -Dalam rangka meninjau kemajuan pembangunan Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan melakukan Kunjungan Kerja ke Danau Toba, Sumatera Utara. 

Kegiatan yang dilakukan selama dua hari (11 s/d 12-02-2021) ini meliputi kunjungan ke berbagai fasilitas penunjang pariwisata, seperti pelabuhan, desa wisata, akses jalan tol, dan berbagai pembangunan lainnya.

“Saya akan tinjau beberapa lokasi yang ada di sini, saya ingin lihat perkembangan keseluruhan dari kesiapan Toba sebagai salah satu DPSP,” ungkap Menko Luhut.

Kunjungan di hari pertama dimulai dengan site visit ke Dermaga Porsea untuk melihat progres pembangunan galangan kapal dan mengecek dua unit Bus Air yang akan segera beroperasi. 

Selanjutnya, kunjungan dilakukan ke Dermaga Balige dan Desa Wisata Lintong Ni Huta. Kunjungan Menko Marves ke desa wisata tersebut secara spesifik adalah untuk meninjau pembangunan toilet yang telah diselesaikan oleh Pertamina.

 “Pembangunan ini dibantu oleh Pertamina. Menjadi hal yang penting untuk membangun fasilitas umum seperti ini supaya calon wisatawan merasa nyaman dan bersih,” lanjutnya.

Selain itu, Pemerintah juga menunjuk Mister Loo, sebuah perusahaan startup sanitary toilet umum premium asal Swiss untuk mengelola toilet di kawasan wisata Danau Toba, Sumatera Utara.

Di sana, ada sekitar 25 toilet umum atau WC yang sudah dibangun sebagai hasil CSR (corporate social responsibility) beberapa perusahaan. Toilet-toilet itu tersebar di beberapa kawasan proyek pemerintah yang saat ini masih tahap pembangunan. Kawasan tersebut, antara lain di Dermaga Porsea, Dermaga Balige, Dolok Sipiak, dan Huta Siallagan Pulau Samosir.

Dia berharap, toilet-toilet tersebut dapat berfungsi seiring dengan selesainya pembangunan di titik-titik proyek pemerintah yang sudah rampung sebagian itu.

"WC itu penting karena di tempat-tempat spot turis kalau enggak ada WC, enggak ada air, tidak ada gunanya. Nah airnya kita ambil, kita bikin sumur, tarik ke atas sehingga itu berjalan. Kita berharap 25 toilet ini harus bersamaan selesainya nanti dengan semua, dari dermaga Porsea, Balige, dan sebagainya," pungkas Luhut. 

Reporter : Nazaruli
Editor : Nazaruli